PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP PENERAPAN FIVE MOMENT HAND HYGIENE PADA PERAWAT RUMAH SAKIT X KUPANG

  • Bella Christin Lumban Gaol(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Sidarta Sagita(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Sangguana M J Koamesah(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Hand hygiene, perawat, poster

Abstract

Healthcare associated infections (HAIs) adalah infeksi yang terjadi di pelayanan kesehatan selama menjalani prosedur perawatan dan tindakan medis,  sekitar 1,4 juta pasien diseluruh dunia mengalami infeksi ini. Perilaku five moment hand hygiene yang baik oleh perawat merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi dan mencegah terjadi Healthcare associated infections. Salah satu upaya meningkatkan penerapan hand hygiene dalam teori SOR ialah pemberian stimulus menggunakan media poster. Pemanfaatan media poster yang optimal dapat mampu memberikan pengetahuan, membentuk sikap dan perilaku serta dapat menjadi pengingat sehingga mempengaruhi orang yang melihat untuk melakukan sesuai yang ia ketahui. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media poster terhadap penerapan five moment hand hygiene pada perawat rumah sakit X Kupang. Metode penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan rancangan posttest-only design with control group. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling yaitu sebesar 50 orang yang terdiri dari kelompok intervensi yaitu menggunakan poster WHO dan kelompok kontrol yaitu diberikan poster rumah sakit yang berlaku di ruangan. Penilaian five moment hand hygiene menggunakan lembar observasi WHO dan dilakukan wawancara untuk mengetahui perilaku hand hygiene perawat. Data dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil Penerapan five moment hand hygiene perawat menggunakan poster rumah sakit sebanyak 26% dan pada perawat yang menggunakan poster WHO sebanyak 40%. Moment terbanyak yang dilaksanakan ialah pada moment ke lima setelah kontak dengan lingkungan sekitar pasien 76% dan terendah pada moment kedua sebelum tindakan aseptik 42%. Berdasarkan uji Chi Square didapatkan nilai p= 0,039 (<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh media poster terhadap penerapan five moment hand hygiene perawat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. G. Ducel, J. Fabry LN. Prevention of hospital-acquired infections.World Health Organization. 2002.
2. Departemen Kesehatan RI. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya. 2008.
3. World Health Organization. Health care-associated infections Fact sheet. 2015;4
4. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Kebersihan tangan mempengaruhi keselamatan pasien. 2009;1–2.






5. Buxbaum O. Key insights into basic mechanisms of mental activity. Key Insights into Basic Mech Ment Act. 2016;1–104.
6. Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta; 2007.
7. Yusnita. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Poster, Video dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Siswa Dalam Mencuci Tangan Menggunakan Sabun. 2016.
8. Pratama BS, Koeswo M, Hariyanti T. Pengaruh Kelengkapan Handrub & Poster terhadap Kemauan Perawat untuk Berubah Terkait Hand Hygiene pada Rawat Inap RS Ananda Blitar. 2016;(36):757–66.

PlumX Metrics

Published
2019-04-15
How to Cite
Lumban Gaol, B., Sagita, S., & Koamesah, S. (2019). PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP PENERAPAN FIVE MOMENT HAND HYGIENE PADA PERAWAT RUMAH SAKIT X KUPANG. Cendana Medical Journal, 7(1), 118-124. https://doi.org/10.35508/cmj.v7i1.1495

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.