PENENTUAN ARAH PATAHAN YANG TERDAPAT DI PULAU TIMOR DAN SEKITARNYA MENGGUNAKAN MEKANISME SUMBER 3D GEMPABUMI

  • Juliany Ningsih Mohamad(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: earthquake, fault, 3D, focal mechanism

Abstract

Abstrak

Telah dilakukan penelitian tentang penentuan arah patahan yang terdapat dipulau Timordan sekitarnya menggunakan mekenisme sumber 3D gempabumi, dengan menggunakan data sekunder yakni data yang diambil katalog International Sesmology Center (ISC) dan U.S. Geological Survey/National Earthquake Information Center (USGS/NEIC) sejak tahun 1965-2013 pada koordinat 8,5° - 10,5°LS dan 123° - 126° BT.

Analisis dilakukan dengan menggunakan Arcgis 9.3 untuk pembuatan peta coastline pulau Timor dan sekitarnya, software ZMAP 6.0 untuk pembuatan peta seimisistas berdasarkan kedalaman, sedangkan untuk penentuan arah patahan dan mekanisme sumber dari gempabumi yang terjadi digunakan software 3D Focal Mechanism.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa di pulau Timor dan sekitarnya yang dominan merupakan gempabumi dangkal (<70 km) yang terdapat di pulau Timor dan gempabumi sedang (70<h<300 km) yang cenderung ke arah baratdaya, sedangkan dari hasil mekanisme sumber menunjukkan gempabumi yang terjadi di pulau Timor dan sekitarnya didominasi oleh gempabumi akibat sesar turun berarah barat laut. Hal ini juga diungkapkan dari hasil mekanisme sumber 3 D dengan kedalamnya yang terlihat bahwa pola patahan yang terjadi diakibatkan oleh adanya penunjaman lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia ke arah baratlaut pulau Timor.

Kata kunci: Gempabumi, patahan, 3D mekanisme sumber

Abstract

Determination of Fault Directional at Timor Island and surroundings using 3D Focal Mechanism. Has been done a reseach on determining of fault directional at Timor Island and surrounding using 3D focal mechanisms earthquake from US Geological Survey / National Earthquake Information Center (USGS / NEIC) since the year 1965-2013 at 8.5 ° - 10.5 ° S and 123 ° - 126 ° E.Analysis used ArcGIS 9.3 for creating coastline maps, ZMAP 6.0 seimisisty map by depth, and 3D Focal Mechanism for fault directional.

The results showed that on the Timor island and the surrounding, dominated shallow earthquake (<70 km) and the medium (70 <h <300 km) tends toward the southwest, while the results of the mechanism earthquakes indicate earthquakes occurred on the island of Timor and the surrounding focal mechanism dominated by normal fault to north-west. It also showed by  3D focal mechanism that fault occur caused by the subduction of the Indo-Australian plate under the Eurasian plate to the north-west of the island of Timor.

Keywords: earthquake, fault, 3D focal mechanism

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2016-04-12
How to Cite
Mohamad, J. (2016). PENENTUAN ARAH PATAHAN YANG TERDAPAT DI PULAU TIMOR DAN SEKITARNYA MENGGUNAKAN MEKANISME SUMBER 3D GEMPABUMI. Jurnal Fisika : Fisika Sains Dan Aplikasinya, 1(1), 52-57. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/FISA/article/view/526