Konvergensi Simbolik Dalam Membangun Kohesivitas Kelompok

Analisis Tema Fantasi Ernest Bormann Pada Komunitas Silky Band Kota Kupang

  • Epifanius Putra Oro Jikom undana
  • Petrus Ana Andung University of Nusa Cendana
  • Yohanes K.N. Liliweri University of Nusa Cendana
Keywords: Tema fantasi, permainan simbol, teori konvergensi simbolik, anggota kelompok Silky Band

Abstract

ABSTRAK
Epifanius Putra Oro (1603050167)** “Konvergensi Simbolik Dalam Membangun Kohesivitas Kelompok (Analisis Tema Fantasi Ernest Bormann Pada Komunitas Silky Band Kota Kupang)” dibimbing oleh Dr. Petrus A. Andung, S.Sos, M.Si dan Yohanes K.N. Liliweri, S.Sn, M.Sn. Terdiri dari 60 halaman, 27 Buku referensi, 4 Situs Internet.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tema-tema fantasi dalam kelompok Silky Band, menganalisis konvergensi simbolik Silky Band dalam membangun kohesivitas kelompok. Teori yang digunakan adalah teori konvergensi simbolik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis tema fantasi dan objek dalam penelitiannya adalah anggota kelompok Silky Band. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah autoetnografi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah empat konsep dalam analisis tema fantasi. Pada hasil penelitian, peneliti menemukan tiga dari empat konsep dalam analisis tema fantasi yakni tema fantasi, rantai fantasi, dan tipe fantasi selain itu kedua simbol antara lain simbol verbal dan simbol non-verbal juga ditemukan dalam penelitian tersebut. Maka hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa permainan simbol-simbol dan fantasi-fantasi yang terjadi diantara anggota kelompok Silky Band membetuk kohesivitas di antara mereka.
Kata Kunci: Tema fantasi, permainan simbol, teori konvergensi simbolik, anggota kelompok Silky Band.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-15
How to Cite
Oro, E., Andung, P., & Liliweri, Y. (2020). Konvergensi Simbolik Dalam Membangun Kohesivitas Kelompok. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(1), 1507-1522. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i1.2286
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.