Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Risiko Kecelakaan Lalu lintas pada Siswa SMA di Kota Kupang Tahun 2019

(Studi Kasus pada SMAN 3, SMAN 7, SMKN 2 Kota Kupang)

  • Dea Putrisna Djawa Gigy(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Agus Setyobudi(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Deviarbi Sakke Tira(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: risk accident, traffic

Abstract

The development of increasingly modern times with increasingly dense mobilization rates causes traffic accidents to increase, especially among high school students. Traffic accidents occur due to several factors, that are human factors, environmental factors, and vehicle factors. This study aimed to analyze factors related to the risk of traffic accidents in, Kupang city in 2019. This research used quantitative methods, with analytic methods, using a cross-sectional approach. The selection of samples used simple random sampling method and sample in this study is 84 students spread over three high schools, in Kupang. The results showed that there was a relationship between driving behavior with traffic accidents on high school students in Kupang with the value of p value = 0.003, there was no relationship between the factors of vehicles with traffic accidents on high school students in Kupang with the value of p value = 0.285 and there was a relationship between environmental factors and traffic accidents on high school students in Kupang with a value of p value = 0.002). The researcher proposes suggestions for high school students in Kupang City to pay more attention to driving behavior, as well as the conditions of the road being traversed. for officers who are authorized to be able to improve guidance and outreach, and strict rules and sanctions to create a conducive traffic situation, to reduce traffic accidents.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad. 2015. Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas. diakses pada tanggal 10 Januari 2020.

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. 2012. Berita Resmi Statistik. Badan Pusat Statistik. Jakarta. (http://www.bps.go.id/brs_file/aram_01nov13.pdf diakses pada tanggal 1 April 2019)

Data Laka Lantas Resort Kupang. 2018

Dinas Perhubungan RI. 2004. Klasifikasi APD (Alat Pelindung Diri) bagi pengendara Kendaraan Roda Dua. http://hubdat.dephub.go.id/data-a-informasi/pdda/1620-tahun2014 (diakses tanggal 20 Maret 2019)

Dinas Perhubungan RI. 2006. Klasifikasi Kendaraan Roda Dua. http://hubdat.dephub.go.id/data-a-informasi/pdda/1620-tahun2014 (diakses tanggal 20 Maret 2019)

Dirjen Perhubungan Darat. 2008. Buku Petunjuk Tata Cara Bersepeda Motor di Indonesia.Kementerian Perhubungan RI, Jakarta

Hidayati. 2016. Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Berdasar Pengetahuan, Penggunaan Jalur, dan Kecepatan Berkendara. Jurnal. Surabaya: Universitas Airlangga (https://media.neliti.com/media/publications/75687-ID-none.pdf diakses pada tanggal 25 Maret 2019)

Kartika, Metta. 2009. Analisis Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Depok (Menggunakan Data Kecelakaan Polres Metro Depok Tahun 2008). Univerasitas Indonesia: Fakultas Kesehatan Masyarakat

Kementerian Kesehatan. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI

Letisia, A. 2018. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Pengendara Sepeda Motor terhadap Keselamatan Berkendara (Safety Riding) pada Siswa/Siswi SMA Negeri 3 Kupang Tahun 2017. Kupang: Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana

Marsaid. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Kabupaten Malang. Jurnal. Malang: Universitas Brawijaya (http://onesearch.id/Record/IOS458.article18?widget=1&repository_id=1795. diakses pada tanggal 27 Maret 2019)

Meirinda. 2017. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas pada Karyawan Pengendara Sepeda Motor di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sumber Rejeki Blora. Jurnal. Semarang: Universitas Diponegoro (http://ejournal-sl.undip.ac.id/index.php/jkm diakses pada tanggal 25 Maret 2019)

Mutiara, H. 2016. Faktor yang Berhubungan dengan Keselamatan Berkendara (Safety Riding) pada Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa FMIPA UNNES Angkatan 2008-2015) Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang (https://lib.unnes.ac.id/25674/1/6411411011.pdf diakses pada tanggal 30 Maret 2019)

Nayazri, G.M. 2015. Cek Lima Hal Penting Ini Sebelum Berkendara. Otonomia. http://www.otomania.com. Diakses pada tanggal 5 Januari 2020.

Pamungkas, Nur Setiaji, 2011. Analisis Karakteristik Kecelakaan dan Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan pada Jalan Bebas Hambatan. Skripsi.. Semarang: Universitas Negeri Semarang

(https://media.neliti.com/media/publications/211745-analisis-karakteristik-kecelakaan-dan-fa.pdf. diakses pada tanggal 3 April 2019)

Raymond, A. 2008. Gambaran Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan Kendaraan Bermotor di Wilayah Jakarta Timur Bulan Januari-Maret tahun 2008. Skripsi.UI: Depok.

Republik Indonesia. 1993. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi. Jakarta.

Republik Indonesia. 2009. Undang–undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. (http://hubdat.dephub.go.id/uu/288-uu-nomor-22-tahun-2009-tentang-lalu-lintas-dan-angkutan-jalan/download diakses pada tanggal 1 April 2019)

Saiful, H., Taufik, S. 2011. Studi Penyebab Kematian Akibat Keceakaan Lalulintas yang Diperiksa di Bagian Kedokteran Forensik RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Suma’mur. 2009. Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (Hiperkes). Jakarta: CV.Sagung Seto

Suraji, A. 2010. Indikator Faktor Manusia terhadap Kecelakaan Sepeda Motor. Jurnal. Malang: Universitas Widyagama (http://journal.unpar.ac.id/index.php/journaltransportasi/article/view/388 diakses pada tanggal 20 Mei 2019)

Susana, E. 2018. Faktor Risiko Kecelakaan Lalulintas Roda Dua pada Remaja di Kota Kupang Tahun 2017. Kupang: Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Nusa Cendana

Thesa, D. 2015. Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas Roda Dua Di Kota Kupang Tahun 2015. Kupang: Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Nusa Cendana

Widiyawati, N. 2018. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Perilaku Safety Riding pada Pengendara Ojek Online di Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah

eprints.ums.ac.id/61374/3/BAB%20I.pdf diakses pada tanggal 25 Maret 2019)

PlumX Metrics

Published
2019-12-11
How to Cite
Gigy, D. P. D., Setyobudi, A., & Tira, D. S. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Risiko Kecelakaan Lalu lintas pada Siswa SMA di Kota Kupang Tahun 2019. Lontar : Journal of Community Health, 1(4), 140-146. https://doi.org/10.35508/ljch.v1i4.2179
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.