Desain dan Analisa Awal Struktur Rangka Manual Motorcycle Lift Dengan Menggunakan Software Ansys 17.0

Fransiskus L. H. Koten, Verdy A. Koehuan, Ishak S. Limbong

  • Fransiskus L. H. Koten(1)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Verdy A. Koehuan(2)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Ishak S. Limbong(3*)
    Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Motorcycle lift, simulation, Ansys, equivalent stress, equivalent strain.

Abstract

Motorcycle lift, merupakan alat penunjang, yang dibutuhkan untuk mengurangi cedera otot akibat kegiatan perawatan dan perbaikan, dengan mengatur posisi tinggi rendahnya motor terhadap postur tubuh mekanik (montir). Walaupun motorcycle lift telah ada, tetapi alat tersebut menggunakan tenaga hidrolik atau pneumatik dengan listrik sebagai tenaga utama. Hal ini berpengaruh pada daerah yang tidak memiliki tenaga listrik. Selain itu pada studi ini, konstruksi motorcycle lift yang didesain menggunakan software Ansys 17.0. Dengan menggunakan software Ansys, analisa desain struktur lebih detail dan dapat melihat titik kritis lebih detail. Tujuan dari studi ini adalah mendesain dan menganalisa konstruksi manual motorcycle lift untuk daerah yang belum memiliki jalur listrik. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode simulasi dengan software Ansys 17.0. Parameter yang digunakan adalah beban 3600 N, panjang alat 180 cm, lebar 78 cm, dan tinggi maksimum 60 cm. Material yang digunakan adalah baja konstruksi (karbon rendah). Bahan digunakan adalah baja konstruksi (baja karbon rendah). Analisa konstruksi terbagi atas 3 posisi ketinggian kritis, yaitu minimum ketinggian (120 mm), medium ketinggian (360 mm), dan maksimum ketinggian (600 mm). Tegangan dan regangan equivlen untuk masing-masing ketinggian dianalisa menggunakan Sofware Ansys 17.0 tersebut. Nilai maksimum terdapat pada daeran pin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Awwaluddin, M., 2013, “Analisis Statik Rangka Pemegang Perisai Radiasi Pada Alat Scintigraphy Menggunakan Software Ansys”, Journal Perangkat Nuklir, Vol. 7, No. 1.
[2] Hidayatullah, R, 2015, “Reinstal Bike Lift pada Laboratorium Praktek Sepeda Motor”, Jurnal Rekayasa Mesin, Vol. 3, No. 1.
[3] Sofyan, A., Glusevic, J., Zulfikar, A. J., dan Umroh, B., 2019, “Analisis Kekuatan Struktur Rangka Mesin Pengering Bawang Menggunakan Perangkat Lunak Ansys APDL 15.0 Software”, Journal of Mechanics Engineering, Manufacture, Materials and Engineering, Vol. 3, No. 1.
[4] Wisnu, N. G., 2010, “Perancangan Motorcycle Lift Sebagai Alat Bantu Mekanik Pada Pengerjaan Servis Motor”, Tugas Akhir Teknik Industri,, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
[5] Septa, H. M., 2015, “Analisa Struktur Rangka Mesin 3 In 1 Pembuat Kerupuk Sermier Dengan Menggunakan Software Ansys Workbench 14.0.”, Tugas Akhir Teknik Mesin, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.
[6] Popov, E. P., 1991, Mechanic of Materials, 2rd edition, PT Erlangga., Jakarta.

PlumX Metrics

Published
2020-10-01
How to Cite
Koten, F., Koehuan, V., & Limbong, I. (2020). Desain dan Analisa Awal Struktur Rangka Manual Motorcycle Lift Dengan Menggunakan Software Ansys 17.0. LONTAR Jurnal Teknik Mesin Undana, 7(02), 50-57. https://doi.org/10.35508/ljtmu.v7i02.3560
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.