Sosialisasi Pengoperasian PLTS Off Grid Kojadoi Berkapasitas 190 KWP di Desa Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Kab.Sikka

  • frans james likadja(1*)
    University of Nusa Censana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Sosialisasi, Pengoperasian PLTS, Dampak terhadap Sikap dan Persepsi Masyarakat

Abstract

Pada tahun 2019, listrik PLTS yang dikelola oleh PLN Wilayah NTT telah beroperasi di Desa Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka. PLTS melistriki dua dusun yakni Dusun Kojadoi dan Dusun Koja Besar dan masih satu dusun yang belum terlistriki yakni Dusun Margajong. Dari total sejumlah 471 KK, dan baru sejumlah 86 KK yang berlangganan listrik PLN. Untuk itu diperlukan sosialisasi PLTS off grid Kojadoi agar pemahaman masyarakat tentang teknologi PLTS dan manfaat listrik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah setempat akan berdampak terhdap peningkatan kesejaheraan masyarakat Desa Kojadoi.

Metode yang digunakan adalah dengan metode peninjauan lapangan dan diskusi kelompok yang terdiri dari aparat desa, Ketua BPD, tokoh dan tokoh masyarakat seperti tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh Adat. Tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan teknologi PLTS yang ramah lingkungan, bagaimana menggunakan listrik agar aman dan masyarakat terhindar dari bahaya sengatan listrik dan kebakaran akibat gangguan hubung singkat arus listrik.

Diharapkan sosialisasi ini mampu megubah pola pandang masyarakat Desa kojadoi terkait keberadaan PLTS di wilayah desa mereka, dan masyarakat mau memanfaatkan ketersedian listrik tersebut untuk kegiatan yang produktif dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-12-17
How to Cite
likadja, frans. (2020). Sosialisasi Pengoperasian PLTS Off Grid Kojadoi Berkapasitas 190 KWP di Desa Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Kab.Sikka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 20 - 27. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/3504
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.