PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN BISNIS ONLINE PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG

Main Article Content

Wehelmina M Ndoen
Reyner F Makatita
Lies Maria

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan bisnis online pada mahasiswa di Universitas Nusa Cendana Kupang. Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa di Universitas Nusa Cendana dengan jumlah sampel 100 mahasiswa yang mempunyai bisnis online 1 tahun keatas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Variabel yang digunakan meliputi Pengetahuan dasar pengelolaan keuangan  (X1), Pengelolaan Kredit dan Hutang (X2), Tabungan dan Investasi (X3), Manajemen Risiko (X4), dan Pengelolaan Keuangan Bisnis Online (Y). Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pengetahuan dasar pengelolaan keuangan (X1),), Tabungan dan Investasi (X3), dan Manajemen Risiko (X4) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan keuangan bisnis online pada mahasiswa di Universitas Nusa Cendana Kupang, sedangkan Pengelolaan Kredit dan Hutang (X2) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap pengelolaan keuangan bisnis online pada mahasiswa di Universitas Nusa Cendana Kupang. Selanjutnya Pengetahuan dasar pengelolaan keuangan, Pengelolaan Kredit dan Hutang , Tabungan dan Investasi, Manajemen Risiko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pengelolaan keuangan bisnis online pada mahasiswa di Universitas Nusa Cendana Kupang. Besaran pengaruh variabel independen sebesar 54.4% dan sisanya 45,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ndoen, W., Makatita, R., & Maria, L. (2020). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN BISNIS ONLINE PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NUSA CENDANA KUPANG. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 1(2), 93-107. https://doi.org/10.35508/glory.v1i2.3375
Section
Articles