HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS CSL ONLINE DENGAN KELULUSAN MINI OSCE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA

  • Maria Claudya Nere Sare(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Rr. Listyawati Nurina(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Efrisca M. Br. Damanik(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Nicholas Edwin Handoyo(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Self directed learning readiness, CSL online, mini OSCE

Abstract

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melakukan kebijakan untuk dilaksanakan pembelajaran online selama pandemi covid hal ini berakibat pada proses belajar keterampilan klinis yang mengalami berbagai perubahan. Pembelajaran online menerapkan karakteristik belajar mandiri, karena pembelajar dituntut untuk berperan  aktif, interaktif, dan partisipatif dalam proses belajar yang sedikit sekali mendapatkan bantuan dari pengajar atau pihak lainnya sehingga diperlukan sikap kesiapan belajar mandiri. Salah satu faktor internal yang memengaruhi mini OSCE adalah sikap. Sikap siap belajar mandiri memengaruhi keberhasilan belajar mahasiswa. Tujuan mengetahui hubungan self directed learning readiness CSL online dengan kelulusan mini OSCE pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Metode penelitian ini merupakan penelitian analitikal observasional dengan menggunakan rancangan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa dan menggunakan kuesioner SDLI. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden 195 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis bivariat menggunakan uji cramer’s V. Hasil  penelitian dari 195 responden, 59% memiliki SDLR tinggi, 40% memiliki SDLR sedang dan 1% memiliki SDLR rendah. Hasil mini OSCE terdapat 87,7% yang lulus dan 12,3% yang tidak lulus. Hasil uji analisis bivariat pada penelitiaan ini diperoleh hasil nilai p=0,000 (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara Self Directed Learning Readiness CSL online dengan kelulusan mini OSCE mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sadikin, A. & Hamidah, A. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik 6, 109–119 (2020).
2. Rosali, E. S. Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geogr. Sci. Educ. J. 1, 21–30 (2020).
3. Rozaliyani, A., Widjaja, H. T., Prawiroharjo, P. & Sukarya, W. Kajian Etik Pendidikan Jarak Jauh dalam Pendidikan Kedokteran di Indonesia. J. Etika Kedokt. Indones. 4, 57 (2020).
4. Abidin, Z., Hudaya, A. & Anjani, D. Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Res. Dev. J. Educ. 1, 131 (2020).
5. Premkumar, K. et al. Self-directed learning readiness of Indian medical students: A mixed method study. BMC Med. Educ. 18, 1–10 (2018).
6. Fatmawati, D. & Malik, R. Hubungan antara Self Directed Learning Readiness (SDLR) dengan prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2015. Tarumanagara Med. J. 2, 27–31 (2019).
7. Hilburg, R., Patel, N., Ambruso, S., Biewald, M. A. & Farouk, S. S. Medical Education During the Coronavirus Disease-2019 Pandemic: Learning From a Distance. Adv. Chronic Kidney Dis. 27, 412–417 (2020).
8. Hardisman, H. Model Model Bimbingan Pada Pendidikan Klinik Dan Relevansinya Pada Pendidikan Kedokteran Dan Kesehatan Di Indonesia. Maj. Kedokt. Andalas 33, 109–119 (2015).
9. Hakim, L., Saputra, O. & Lisiswanti, R. Persepsi Mahasiswa tentang Peer-Assissted Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Laboratorium Klinik ( Clinical Skills Lab / CSL ) di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Student Perceptions about Peer-Assissted Learning in Clinical Skills Lab / CSL. Majority 6, 32–38 (2017).
10. Hashim, R., Qamar, K., Khan, M. A. & Rehman, S. Role of skill laboratory training in medical education - Students’ perspective. J. Coll. Physicians Surg. Pakistan 26, 195–198 (2016).
11. Fawzia, F. N. & Probandari, A. Persepsi Mahasiswa terhadap Faktor Penunjang Pembelajaran dalam Skills. Nexus Pendidik. Kedokt. Kesehat. 6, 16–29 (2017).
12. Anas, Muhammad;Utama, M. R. Aktifitas Skills Lab di Masa Pandemi COVID-19. 84–91 (2021).
13. Basith, A., Rosmaiyadi, R., Triani, S. N. & Fitri, F. Investigation of Online Learning Satisfaction During COVID 19: In Relation to Academic Achievement. J. Educ. Sci. Technol. 1, 265–275 (2020).
14. Megawati, Y. S. & Hartono. Adaptasi Mahasiswa Kedokteran: Bagaimana Hubungan Efikasi Diri dan Lingkungan Pendidikan Terhadap Hasil Objective Structured Clinical Examination (OSCE). 6, 46–58 (2017).
15. Tjakradidjaja, F. A. Case Study: Exploration of Medical Student Self Directed Learning ( SDL ) Process. 10, 98–102 (2017).
16. Baptista, Y. Hubungan Self Directed Learning Readiness dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. (Fakultas Kedokteran Undana, 2020).
17. Medical Education Unit. Data Hasil Ujian Mini OSCE tahun 2019/2020 dan 2020/2021. (2021).
18. Nyambe, H. et al. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua, dan Ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. J. Pendidik. Kedokt. Indones. Indones. J. Med. Educ. 5, 67–77 (2016).
19. Tridellya, F., Anisa, R. & Damayanti, D. S. Korelasi Motivasi dan Kesiapan Belajar Mandiri Terhadap Kelulusan Computer Based Test Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Universitas Islam Malang. J. Bio Komplementer Med. 1–8 (2019).
20. Siswa, V. & Negeri, S. M. P. Jurnal BENING Volume 2 Nomor 2 Juni 2018 Jurusan Bimbingan dan Konseling Jurnal BENING Volume 2 Nomor 2 Juni 2018. 2, 39–46 (2018).
21. Putu Desy Widia Dariyanti, Derri Tallo Manafe, Jojor Sihotang, C. L. H. F. A. Hubungan Gaya Belajar Vark (Visual, Auditori, Read- Write Dan Kinestetik) Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. 1–7 (2021).
22. Ashari, N. W. & Salwah. Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru : Suatu Study Literatur. J. Penelit. Mat. dan Pendidik. Mat. 1, 24–31 (2018).
23. Arini, A. & Malik, R. Hubungan Pendekatan Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2014. Tarumanagara Med. J. 1, 254–258 (2019).
24. Dinata, P. A. C., Rahzianta & Zainuddin, M. Self Regulated Learning sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Semin. Nas. Pendidik. Sain 1, 139–146 (2016).
25. Abubakar, fauzi. Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Pekommas 18, 53–62 (2015).
26. Kearney, M. W. Cramer’s V. (2015).
27. Mansyur, A. R. Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Educ. Learn. J. 1, 113 (2020).
28. Hermawan, Y., Suherti, H. & Gumilar, R. Pengaruh Lingkungan Belajar (Lingkungan Keluarga, Lingkungan Kampus, Lingkungan Masyarakat) Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. J. Edukasi (Ekonomi, Pendidik. dan Akuntansi) 8, 51 (2020).

PlumX Metrics

Published
2022-05-01
How to Cite
Sare, M., Nurina, R. L., Damanik, E., & Handoyo, N. (2022). HUBUNGAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS CSL ONLINE DENGAN KELULUSAN MINI OSCE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Cendana Medical Journal, 10(1), 32-41. https://doi.org/10.35508/cmj.v10i1.6803

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.