IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM PELAYANAN KENAIKAN PANGKAT OTOMATIS BERBASIS LESS-PAPER DI BKD KAB. TTU

  • Rovinus Laka Knaofmone(1)
    Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Timor
  • Agustinus Longa Tiza(2*)
    Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Timor
  • Marthen Patiung(3)
    Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Timor
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Implementasi, Pelayanan, Pangkat Otomatis, Less-paper (tanpa berkas)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan Sistem Pelayanan Kenaikan Pangkat Otomatis Berbasis Less-Paper di Badan Kepegawaian Daerah  Kabupaten Timor Tengah Utara. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan fokus : Komunikasi, Sumber Daya, Sikap/Disposisi dan Struktur Birokrasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis interaktif model Miles dan Hubermans. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sudah dilakukan sosialisasi sebagai bentuk komunikasi pada dinas dan badan namun adanya kesalahan persepsi dimana sebagian pegawai menganggap bahwa kenaikan pangkat otomatis artinya tanpa berkas sedangkan sesuai dengan aturan diwajibkan untuk mengupload SKP sebagai bahan pertimbangan kenaikan pangkat yang juga adalah bukti kinerja. Sumber daya manusia di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Timor Tengah Utara masih kurang dibandingkan dengan jumlah pegawai negeri sipil di kabupaten TTU yang berjumlah 5.159 orang. Disposisi pelaksana kebijakan ditemukan bahwa cukup nyaman dalam mengimplementasikan kebijakan kenaikan pangkat otomatis. Namum perlunya pemutakhiran perlengkapan elektronik dan pelatihan teknis bagi pegawai agar lebih baik dan profesional. Struktur birokrasi sangat mendukung implementasi kebijakan kenaikan pangkat otomatis karena berbasis IT sehingga bisa dipantau dan transparan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, A. Chaedar. 2002. Pokoknya Kualitatif, Dasar-Dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Pustaka Jaya. Jakarta.

Anderson, James E. 1978. Public Policy Making. New York: Holt, Rinehart and Winston, 2nd ed.

Edwards III, George C.1980. Implementing Public Policy.Washington DC: Congresional Quarterly Press.

Dunn, William. N. 1981. Public Policy Analysis AndIntroduction. USA: Prentice Hall.

Grindle, Merilee S. 1980. Politics and Policy Implementation in The Third World.New Jersey: Princeton University Press.

Hill,Michael and Peter Hupe. 2002. Implementing Public Policy:Governance in Theory and Practise, London-New Delhi: Sage Publications dan Thousand Oak.

Iskandar,2009. Metodologi Penelitian Kualitatif, Aplikasi Untuk Penelitian Pendidikan, Hukum & Ekonomi dan Manajemen, Sosial, Humaniora, Politik, Agama dan Folsafat. Gunung Persada (GP Press). Jakarta.

Miles, Mathew B dan Huberman, Michael A. 1992. Analisa Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia Press (UI-PRESS), 2007. Jakarta.

Straus, Anselm & Corbin, Juliet. 1997. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Prosedur, Teknik dan Teori Grounded (Penyadur Drs. HM Djunaidi Ghony), PT Alfabeta. Bandung.

SUMBER LAIN
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 Tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 20 Tahun 2008 tentang Pedoman Pemanfaatan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian

Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 25 tahun 2013 tentang pedoman pemberian persetujuan teknis kenaikan pangkat reguler pegawai negeri sipil untuk menjadi pembina tingkat I golongan ruang IV/b ke bawah.

PlumX Metrics

Published
2021-05-03