PENGARUH KARAKTER, KEMAMPUAN, MODAL, JAMINAN DAN KONDISI EKONOMI TERHADAP KEMAMPUAN PENGEMBALIAN PIUTANG PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) KREDIT UNION SERVIAM CABANG OEBUFU

  • Jacob Abolladaka(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yeheskial Nggandung(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Erika Feronika Br Simanungkalit(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Karakter, Kemampuan, Modal, Jaminan, Kondisi Ekonomi

Abstract

operasi Simpan Pinjam (KSP) Kredit Union Serviam mempunyai kegiatan utama yaitu membentuk dana dari anggota sehingga membentuk modal dan kemudian dipinjamkan kembali kepada anggota yang membutuhkan untuk tujuan yang produktif dan kesejahteraan anggota. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota koperasi kredit yang menerima kredit pada tahun 2018, 2019 dan 2020 yang berjumlah 1133 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini lebih besar dari 100 orang. Teknik Pengumpulan Data, Teknik wawancara, Studi Dokumentasi, Kuesioner. Teknik Analisis Data, Analisis regresi berganda dan Analisis Regresi Linear sederhana. Berdasarkan hasil uji t menunjukan bahwa faktor karakter, kemampuan/kesanggupan, modal, jaminan, dan kondisi ekonomi berpengaruh terhadap kemampuan pengembalian piutang. Berdasarkan hasil uji F, diperoleh nilai Fhitung 8,131 > nilai Ftabel = 2,92. Artinya semua variabel bebas dilakukan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan pengembalian piutang. Oleh karena itu maka keputusannya menolak Ho dan menerima Ha, artinya ada pengaruh yang signifikan dari variabel (karakter, kemampuan, modal,jaminan dan kondisi ekonomi) terhadap kemampuan pengembalian piutang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anoraga Pandji. 2007. Dinamika Koperasi. Jakatra: Rineka Cipta.

Djojohodikoesoemo Margono. 1941. Penerangan tentang koperasi oleh pemerintah.Jakarta: Balai Pustaka.

Elias Abat,dan Situngkir Bernadus. 2006. Manajemen Perkreditan untuk Koperasi Kredit dan Koperasi Simpan Pinjam. Jakarta: Publikasi Inkopdit.

Firdaus. 2004. Teori, Masalah Kebijakan dan Aplikasinya. Bandung: Alfabeta.

Http ://WWW. Bappkab.Goegle.Com, Undang-Undang Perkoperasian, diposkan oleh Iin Pratama, Kamis 28 Maret 2013.

Hudiyanto. 2002. Analisa Kredit Bank Umum ,Konsep dan Teknika. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Kasmir. 2007. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Mahmoeddin. 1995. 100 Penyebab Kredit Macet. Jakarta : LP3S.

----------2010. Melacak Kredit Bermasalah. Jakarta: Sinar Harapan.

Schaars.1980. Co-operatives, Principles and Practices, Revised edition, University of Wisconsin-Extention /Madoson.

Sukmadi. 1994. Dasar-Dasar Akuntansi. Yogyakarta: Rineka Cipta Suyatno. Dkk.1997. Kelembagaan Perbankan. Jakarta: PT.Gramadia Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

..........2011. Metode Penlitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tentang 2012 Perkoperasian.

Widiyanti dan Sumindia. 1998. Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Jakarta: Bina Aksara.

PlumX Metrics

Published
2022-04-09
How to Cite
Abolladaka, J., Nggandung, Y., & Br Simanungkalit, E. (2022). PENGARUH KARAKTER, KEMAMPUAN, MODAL, JAMINAN DAN KONDISI EKONOMI TERHADAP KEMAMPUAN PENGEMBALIAN PIUTANG PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM (KSP) KREDIT UNION SERVIAM CABANG OEBUFU. Journal Economic Education, Business and Accounting, 1(1), 7-19. https://doi.org/10.35508/jeeba.v1i1.6506

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.