Komunikasi Ritual Fua Ton pada Suku Leosikun

Kajian Etnografi Komunikasi Dell Hymes

  • Sesarius Giovanni Badj Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Yermia Dj. Manafe Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Ferly Tanggu Hana Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
Keywords: Ritual, Etnografi Komunikasi, Fua Ton

Abstract

Fua Ton merupakan ritual dari desa Saenam yang dilakukan oleh suku Leosikun.  Ritual ini memiliki tujuan untuk mengucap syukur atas tahun yang telah lewat serta memohon berkat di tahun yang baru dan untuk memohon berkat dari leluhur dan alam agar mendapatkan hasil kebun yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi dan komponen-komponen komunikasi dalam ritual Fua Ton. Metode dalam penelitian ini adalah metode etnografi komunikasi model SPEAKING (Setting / Scene, Partisipant, Ends, Act Sequence, Keys, Instrument, Norms, dan Genre) dari Dell Hymes dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Hasil dalam penelitian ini adalah proses komunikasi dalam ritual Fua Ton merupakan sebuah urutan tindakan dalam peristiwa komunikasi yang terdiri dari 3 tahap dan komponen-komponen komunikasi SPEAKING adalah komponen-komponen komunikasi yang membentuk ritual Fua Ton.  Kesimpulan penelitian ini adalah tahapan-tahapan dalam ritual Fua Ton merupakan alur proses komunikasi yang berkesinambungan dengan maksud untuk mencapai tujuan dari ritual, lalu komponen-komponen komunikasi Setting / Scene, Partisipant, Ends, Act Sequence, Keys, Instrument, Norms, dan Genre merupakan elemen-elemen pembentuk peristiwa komunikatif ritual Fua Ton. Saran terhadap penelitian selanjutnya adalah terkait dengan penelitian yang berfokus pada ritual-ritual adat yang menggunakan metode etnografi komunikasi, diharapkan peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih dalam lagi mengenai makna dari ritual Fua Ton, khususnya peran bahasa Dawan dalam ritual Fua Ton ini, dan bagaimana tetua adat dalam ritual Fua Ton memiliki pengaruh besar dalam berjalannya ritual Fua Ton.

Published
2021-07-17
How to Cite
Badj, S., Manafe, Y., & Hana, F. (2021). Komunikasi Ritual Fua Ton pada Suku Leosikun. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 169 –177. https://doi.org/10.35508/jikom.v10i2.2419
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.