Pengaruh Pemberitaan Covid-19 di Media Online terhadap Perubahan Sikap Tenaga Kesehatan RSUD Naibonat Kabupaten Kupang

  • Monicha Y. Suku Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Yermia Dj. Manafe Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Fitria Titi Melawati Prodi. Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Nusa Cendana Kupang
Keywords: Pemberitaan Media Online, Covid-19, Petugas Kesehatan, Perubahan Sikap

Abstract

Covid-19 saat ini tengah menjadi pandemi global dan ramai diberitakan di banyak media, termasuk media online. Ramainya pemberitaan ini membuat masyarakat tertarik untuk mengonsumsi informasi terkait Covid-19, begitu juga para petugas kesehatan di RSUD Naibonat Kabupaten Kupang yang saat ini berada pada zona merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberitaan Covid-19 di media online terhadap perubahan sikap petugas kesehatan di RSUD Naibonat Kabupaten Kupang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 151 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, adanya Pengaruh Pemberitaan Covid-19 di Media Online terhadap Perubahan Sikap Petugas Kesehatan RSUD Naibonat Kabupaten Kupang dengan tingkat hubungan  yang signifikan dan digolongkan SEDANG, terlihat dari uji korelasi Pearsons Product Moment  yang menunjukkan angka 0.452 yang berada di antara 0.40-0.59. Nilai rata-rata variabel X (Pemberitaan Media Online) berada pada angka 4.51 dengan taraf sangat setuju, sedangkan nilai rata-rata variabel Y(Perubahan Sikap) berada pada angka 4.51 dengan taraf sangat setuju. Pengaruh Pemberitaan Covid-19 di Media Online terhadap Perubahan Sikap Petugas Kesehatan sebesar 20.40%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Pemberitaan Covid-19 di Media Online terhadap Perubahan Sikap, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.

Published
2021-07-17
How to Cite
Suku, M., Manafe, Y., & Melawati, F. (2021). Pengaruh Pemberitaan Covid-19 di Media Online terhadap Perubahan Sikap Tenaga Kesehatan RSUD Naibonat Kabupaten Kupang. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(2), 191–201. https://doi.org/10.35508/jikom.v10i2.3751
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.