PELATIHAN PEMELIHARAAN ALAT MEMBELAH KAYU SISTEM PUTARAN GERGAJI DENGAN PENGATURAN TEKANAN MOTOR LISTRIK

MAINTENANCE OF THE WOOD SPLITTING SAW SYSTEM WITH ELECTRIC MOTOR PRESSURE REGULATION

  • I Made Parsa(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas Nusa Cendana
  • Christian Boboy(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas Nusa Cendana
  • Jimmy Elton Hinadang(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Service, Motor Listrik, UKM Dian Jati

Abstract

Dalam peningkatan pemanfaatan energi gerak dari motor listrik serta cara-cara memeliharanya sebagai sumber tenaga bagi peralatan industri: olahan ukiran kayu, lemari, kursi dan jenis meubelair lainnya, maka dilakukan Pengabdian Kepada Masyarakat, melalui Progpam Kreativitas Mahasiswa (PKM PM) dengan aktifitas Pemeliharaan dan peningkatan kinerja dari Model Alat Membelah Kayu Sistem Putaran Gergaji Dengan Pengaturan Tekanan Motor Listrik.  Alat ini  diperlukan  karena pembuatan produk industri pengolahan kayu selama ini masih produk manual begitu saja, sehingga waktu untuk pengolahan produk kayu, seperti membelah kayu menjadi lama dan kurang merata, yang berakibat produksi pengolahan kayu yang sangat  terlambat,  serta proses  permukaan kayu yang tidak merata, karena kemampuan kerja terbatas pada setiap permukaan produk kayu. Adapun konkret mengatasi permasalahan mitra pada UKM Dian Jati di Liliba Kota Kupang melalui program  Kreativitas Mahasiswa PKM-PM ini dilakukan dalam bentuk  bantuan: pendidikan, pelayanan, pelatihan dan evaluasi penggunaan Alat Produk Belah Kayu Sistem Putaran Gergaji Dengan Pengaturan Tekanan Motor Listrik. Pelatihan  pemeliharaan  alat. memberikan  pelayanan dan contoh cara-cara  pengoperasian peralatan produk  melalui putaran pengaturan tekanan motor listrik dengan pengaturan beban Daya Listrik pada UKM Dian Jati, untuk mendapatkan bentuk benda kayu yang merata pada setiap pembelahan kayu, serta mobilitas alat yang bergeser atau pindah karena tempat lokasi, yang baik dan  benar  serta  cara pemelihara  peralatan produksi olahan kayu dengan  suku cadang dan alat penunjangnya.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-06-15
How to Cite
Parsa, I., Boboy, C., & Hinadang, J. (2022). PELATIHAN PEMELIHARAAN ALAT MEMBELAH KAYU SISTEM PUTARAN GERGAJI DENGAN PENGATURAN TEKANAN MOTOR LISTRIK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 7-12. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/TekMas/article/view/7432
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.