Pengaruh Kecemasan, Kesulitan Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang

  • Christine K. Ekowati(1*)
  • Damianus D. Samo(2)
  • Kristian Tay Nggeni Njuka(3)
    visitor
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kecemasan, kesulitan belajar, motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara kecemasan, kesulitan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang dan sampel yang diambil sebanyak 78 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa baik secara parsial maupun simultan, kecemasan, kesulitan belajar, dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dilliati F. N., Wiryokusumo, I., & Leksono I., P. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 61-68.
Ekawati, A. (2015). Pengaruh kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 164-169.
Muhson, A. (2015). Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lajut. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta
Rahman, U., Nursalam, & Tahir, M., R. (2015). Pengaruh Kecemasan Dan Kesulitan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematia Pada Siswa Kelas X Ma Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Matematika Dan pembelajaran, 3(1), 85-102.
Saputra, P., R. (2014). Kecemasan Matematika Dan Cara Menguranginya (Mathematic Anxiety And How To Reduce It). Jurnal Pythagoras, 3(2), 75-84.
Singarimbun, M. (1989). Metode dan Proses Penelitian “Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. Metode Penelitian Survei (Jakarta : LP3ES, (1989).
Sugiyono (2015) Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Susanto, H., P. (2016). Analisis hubungan kecemasan, aktivitas, dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134-147.

PlumX Metrics

Published
2021-06-28
Section
Articles