Penggunaan pakan tepung daun kelor (Moringa oleifera) dan Sargassum sp. dalam formulasi pakan buatan terhadap indeks kematangan gonad (IKG) bulubabi (Tripneutes gratilla)

  • Yanuaria Deliyanti Un(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Agnette Tjendanawangi(2*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yudiana Jasmanindar(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

  1. gratilla merupakan salah satu jenis bulubabi yang tergolong dalam kelas Echinodea yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Bulubabi diambil dari alam untuk diambil gonadnya sebagai sumber makanan. Cangkang dan duri bulubabi dapat digunakan sebagai hiasan, pupuk organik dan pengobatan penyakit seperti kangker dan tumor pada manusia. Gonad bulubabi dapat dijadikan sumber pangan bergizi tinggi karena mengandung 28 asam amino, vitamin B kompleks, vitamin A dan dan mineral. Penelitian ini telah dilaksanakan selama 2 bulan (April-Mei 202) bertempat di Balai Besar Pantai (BBIP) Tablolong Kupang Barat. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh persentasi tepung daun kelor (M. oleifera) dan Sargassum sp dalam formulasi pakan buatan terhadap indeks kematangan gonad (IKG) dan kualitas warna gonad bulubabi (T. gratilla). Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 kali peugulagan yaitu: A 10 % tepung daun kelor + 20 % tepung Sargassum sp, B 15 % tepung daun kelor + 15 % tepung Sargassum sp. dan C 20 % tepung daun kelor + 10 %, tepung Sargassum sp. Variabel yang diukur adalah indeks kematangan gonad dan kualitas warna gonad. Hasil analisis ragam (ANOVA) menunjukan bahwa perlakuan tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap indeks kematangan gonad dan kualitas warna gonad. Nilai tertinggi pada indeks kematangan gonad terdapatkan pada perlakuan C (5.2 %) dan terendah pada perlakuan A (4.67 %) dan kualitas warna gonad tertinggi pada perlakuan C (3.66) dan terendah pada perlakuan A (2). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pemberian pakan dengan dosis C 20 % tepung daun kelor + 10 %, tepung Sargassum sp. Terhadap indeks kematangan gonad dan kualitas warna gonad bulubabi (T. gratilla).

 

Kata Kunci : Bulubabi, daun kelor (Moringa oleifera), indeks kematangan gonad, Sargassum sp.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-03-05
How to Cite
Un, Y., Tjendanawangi, A., & Jasmanindar, Y. (2022). Penggunaan pakan tepung daun kelor (Moringa oleifera) dan Sargassum sp. dalam formulasi pakan buatan terhadap indeks kematangan gonad (IKG) bulubabi (Tripneutes gratilla). Jurnal Aquatik, 5(1), 32-41. https://doi.org/10.35508/aquatik.v5i1.6540
Section
Articles