Analisis Kuantitatif Flavonoid Total Dalam Fraksi Etil Asetat Daun Binahong (Anredera cordifolia)

  • Budiana I Gusti Made Ngurah(1*)
    Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Binahong (Anredera cordifolia noid, Ekstraksi, Fraksinasi, Metanol, Spektroskopi sinar-tampak

Abstract

Daun Binahong (Anredera cordifolia) adalah salah satu tanaman obat tradisional yang digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kadar flavonoid total yang terkandung dalam fraksi etil asetat daun binahong (Anredera cordifolia). Ekstraksi daun binahong dilakukan dengan metode maserasi menggunakan pelarut metanol. Fraksinasi dilakukan dengan menggunakan pelarut etil asetat. Penentuan kadar flavonoid total dalam fraksi etil asetat daun binahong menggunakan metode spektroskopi sinar-tampak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar flavonoid total daun binahong untuk fraksi etil asetat adalah sebesar 7,04 mgQE/g ekstrak.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-06-30
How to Cite
Made Ngurah, B. (2022). Analisis Kuantitatif Flavonoid Total Dalam Fraksi Etil Asetat Daun Binahong (Anredera cordifolia). Jurnal Beta Kimia, 2(1), 33-40. https://doi.org/10.35508/jbk.v2i1.7565

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.