Aplikasi Android Untuk Mendiagnosa Penyakit

Silvester Tena, Beby H. A. Manafe, Welmy M Ndoloe

Abstract


 Sistem pakar merupakan suatu sistem yang dirancang untuk dapat menirukan keahlian seorang pakar dalam memecahkan masalah. Salah satu permasalahan dalam dunia kesehatan yakni mengenai penyakit mata. Mata merupakan organ tubuh yang wajib dijaga kesehatannya. Kemampuan masyarakat sangat minim dalam mengidentifikasi gejala awal penyakit yang dideritanya dan keterbatasan tenaga ahli sehingga diperlukan sistem pakar. Sistem pakar dapat membantu dokter untuk mendiagnosa penyakit mata yang dialami secara dini dengan mengidentifikasi gejala awal yang dialami.

Dalam mendiagnosa penyakit mata menggunakan sistem pakar diperlukan suatu metode untuk memberikan hasil diagnosa yang dapat dipercaya keakuratannya. Metode Certainty Factor merupakan suatu metode yang dapat diterapkan pada sistem pakar. Metode ini memberikan hasil diagnosa yang disertai dengan nilai tingkat kepastian dari tiap penyakit yang diderita oleh pasien. Sistem pakar ini dikembangkan pada media smartphone berbasis android, sehingga memudahkan pengguna dalam pemakaian secara portabel.

Pengujian pada sistem pakar ini dilakukan dengan membandingkan hasil diagnosa yang diberikan oleh pakar dan hasil diagnosa dari sistem pakar pada 40 kasus penyakit mata yang diperoleh dari RSUD S.K Lerik Kota Kupang. Penyakit mata yang didiagnosa yakni Katarak, Hordeolum, Corpus alienum kornea, Pterygium, Glaukoma dan Konjungtivitis karena paling sering dialami oleh masyarakat. Hasil pengujiannya menunjukkan bahwa sistem pakar memberikan hasil yang akurat karena disertai dengan nilai kepastian yang menggambarkan tingkat keyakinan dari pakar mengenai penyakit yang kemungkinan diderita pasien. Persentase keakuratan sistem pakar yang dibuat mencapai 92.5%.


Keywords


Diagnosa, penyakit mata, android dan Certainty Factor

Full Text:

PDF

References


Sutojo, T., Edy Mulyanto & Vincent Suhartono. 2011. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: ANDI; Semarang: UDINUS.

Safaat. H, Nazaruddin. 2011 Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Kadir Abdul. 2013. Pemograman Aplikasi Android. Yogyakarta: ANDI.

Ilyas Sidarta. 2008. Ilmu Penyakit Mata. Jakarta: FKUI.

Ilyas Sidarta, dkk. 2008. Ilmu Penyakit Mata Untuk Dokter Umum dan Mahasiswa Kedokteran. Jakarta: PDSMI.

Aryawan, Sunarya, Darmawiguna. 2013. Jurnal, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Pada Sepeda Motor 4 Tak Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android”. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha

Meilisa, Roswina Simamora. Jurnal. “Penerapan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor Untuk Diagnosa Penyakit Mata Manusia”. Palembang: STIMIK PalComTech

Sugiarti, Yuni. 2013.Analisis dan Perancangan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknik Undana

Jl. Adisucipto, Penfui, Kupang- Nusa Tenggara Timur

Telp: 085239065458

Email: media.elektro.undana@gmail.com

Website: http://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jme

 


web page counter