Sistem Kontrol dan Monitor untuk Manajemen Konsumsi Energi Listrik pada Sistem Kelistrikan Rumah Tangga R-1

  • Piet Yohanes Lakapu(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Nursalim Nursalim(2*)
    Universitas Nusa Cendana https://orcid.org/0000-0002-9291-9609
  • Evtaleny Mauboy(3)
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Control, Monitor, Website

Abstract

Peralatan listrik seperti pompa air, televisi, mesin cuci, kipas angin, lemari es dan lampu merupakan kebutuhan rumah tangga yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia saat ini sebagai alat bantu dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan membiarkan peralatan listrik menyala saat tidak digunakan merupakan salah satu faktor penyebab pemborosan energi listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah sistem yang dapat memantau data konsumsi energi secara real time dan dapat ditampilkan dalam bentuk grafik serta sistem yang dapat mengontrol penggunaan energi listrik jarak jauh melalui halaman web.

Sistem yang dirancang menggunakan sensor PZEM-004T untuk mengukur besaran yang dibutuhkan, pendeteksi arus sebagai, relay sebagai pengontrol beban melalui halaman web, Arduino Uno sebagai pembaca dan pengirim data, Raspberry Pi sebagai pengolah dan halaman web sebagai antarmuka.

Hasil dari penelitian ini secara keseluruhan sistem kontrol dan monitor bekerja sesuai dengan desain. Sebuah sistem miniatur untuk mengendalikan beban listrik rumah tangga melalui halaman web dapat diterapkan. Nilai Arus, Tegangan dan Daya dapat ditampilkan di halaman situs web secara real time. Nilai Arus, Tegangan dan Daya dapat ditampilkan dalam bentuk grafik data harian dan bulanan di halaman web.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nursalim Nursalim, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Teknik Elektro, Universitas Nusa Cendana

References

Kurniawan, Purwa Rupa IoT (Internet of Things) Kendali Lampu Gedung, Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung, 2016.

W. Joyowirjo, Sistem Kontrol Berbasis Web Menggunakan Server Kontrol Online Mini PC Raspberry Pi 3, Kupang: Universitas Nusa Cendana Kupang, 2018.

G. S. Muhammad, Sistem Kontrol dan Monitoring Penerangan Berbasis Web, Batam: Politeknik Negeri Batam, 2017.

R. Akbar, Rancang Bangun Alat Monitoring Tegangan, Arus, Daya, Kwh, Serta Estimasi Biaya Pemakaian Peralatan Listrik Pada Rumah Tangga, Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia, 2018.

J. Wahyudi, Audit Energi Di Bidang Tata Cahaya Untuk Gedung Kampus Bonaventura UAJY, Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta, 2014.

Lisiani, Identifikasi dan Analisa Jenis Beban Listrik Rumah Tangga Terhadap Faktor Daya (Cos Phi), Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak, 2019.

K. Ogata, Modern Control Egineering, Minnesota: Tom Robbins, 1997.

N. Amron, Sistem Monitoring Besaran Listrik Dengan Teknologi IoT (Internet of Things), Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2017.

M. Rometdo, Rancang Bangun Prototype Pengontrolan Lampu Gedung STMIK Amik Riau Berbasis IoT Menggunakan Rasberry Pi 3 Model B, Pekanbaru: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2018.

Fatimah, Monitoring Performansi Photovoltaik Modul Menggunakan Raspbbery Pi Berbasis Web, Bandung: Universitas Telkom, 2018.

F. Christian, Modul Pembelajaran Raspberry Pi, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2017.

A. Sayuti, Perancangan Sistem Monitoring Suhu Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Web Dan Android Pada Ruang Server Universitas Darma Persada, Jakarta: Universitas Darma Persada, 2015.

Turang, Sistem Relay Pengendalian Dan Penghematan Pemakaian Lampu Berbasis Mobile, Jogjakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Bontang, 2015.

Ismansyah, Perancangan Instalasi Listrik Pada Rumah Tangga Dengan Daya Listrik Besar, Depok: Universitas Indonesia, 2009.

B. Priyandono, Analisis Konservasi Energi Listrik pada Rumah Tinggal Daya 2200 VA dengan Beban Penerangan, vol. VOL.6 No.1, Desember 2013.

I. Asep, Nugroho, N. M. Alif dan J. Sutopo, AUDIT ENERGI LISTRIK DI HOTEL GRAND DAFAM ROHAN JOGJA, 2019.

B. Mangantar, Manajemen Sisi Beban dan Optimalisasi Tingkat Konsumsi Energi Di SMK Negeri 2 Pontianak, Pontianak: Universitas Tanjung Pura, 2018.

Peraturan Mentri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2016, https://web.pln.co.id/statics/uploads/2017/06/Permen-ESDM-No.-28-Tahun-2016.pdf.

PlumX Metrics

Published
2021-10-30
How to Cite
[1]
P. Lakapu, N. Nursalim, and E. Mauboy, “Sistem Kontrol dan Monitor untuk Manajemen Konsumsi Energi Listrik pada Sistem Kelistrikan Rumah Tangga R-1”, JME, vol. 10, no. 2, pp. 87 - 93, Oct. 2021.
Section
Articles