Selamat Datang di Jurnal Media Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Nusa Cendana Kupang

PETUNJUK PENULISAN JME

PETUNJUK UNTUK PENULIS JURNAL(all caps, 14 pt, bold,centered)

(kosong satu spasi tunggal,14 pt)

Penulis Pertama, Penulis Kedua dan Penulis Ketiga (12 pt) (kosong satus pasi tunggal, 12 pt)

1. Nama Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas, Alamat, Kota, KodePos, Negara (10pt)

2. Kelompok Penelitian, Nama Lembaga, Alamat, Kota, KodePos, Negara (10pt)

(kosong satu spasi tunggal,12 pt)

E-mail :penulis@ address.com (10 pt) (kosong dua spasi tunggal, 12pt)

 

Abstrak (12 pt,bold) (kosong satu spasi tunggal, 12pt)

Artikel merupakan hasilpenelitian, bukan hasil kajian atau kumpulan dan rangkuman tulisan, original dan belum pernah diterbitkan di media lain. Untuk naskah dalam bahasa Indonesia, abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran 10 pt, spasi tunggal, Untuk naskah dalam bahasa Inggris, abstraknya tidak perlu diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Abstrak sebaiknya meringkaskan isi dan kesimpulan dari naskah serta tidak berisi acuan atau tidak menampilkan persamaan dengan jumlah kata tidak melebihi 200 kata.

(kosong dua spasi tunggal,12pt)

Keywords : maksimum 5 kata kunci ditulis dalam bahasa Inggris (10pt, italic)

 

 

1.  Pendahuluan (12 pt, bold)

(kosong satu spasi,10 pt)

Naskah ditulis dengan Times New Roman ukuran 10 pt, spasi tunggal, justified dan tidak ditulis bolak-balik pada satu halaman. Naskah ditulis dalam bentuk dua kolom dengan jarak antara kolom 1 cm pada kertas berukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin atas 3,5 cm, bawah 2,5 cm, kiri dan kanan masing-masing 2 cm. Pendahuluan menguraikan latar belakang masalah, maksud dan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh sebelumnya, dan kontribusi yang diberikan dari naskah ini. Panjang naskah maksimun 7 halaman termasuk gambar dan table. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Apabila ditulis dalam bahasa Inggris sebaiknya telah memenuhi standar tata bahasa Inggris baku.

 

Judul naskah hendaknya singkat dan informatif serta diusahakan penulisannya tidak lebih dari 14 kata dalam tulisan berbahasa Indonesia, atau 10 kata bahasa Inggris. Jika naskah bukan dalam bahasa Inggris maka naskah dilengkapi dengan abstrak dalam bahasa Inggris. Keyword dalam bahasa Inggris dituliskan di bawah abstrak untuk mendeskripsikan isi dari naskah.

(kosong satu spasi,10 pt)

2.  Metode Penelitian (12 pt, bold)

(kosong satu spasi,10 pt)

Uraiakan metode yang digunakan, desain penelitian beserta teknik analisis data yang digunakan dalam naskah.atau jika sesuai dapat mengikuti klasifikasi  berikut: metodeteoritis,  metode  eksperimen,  fenomena, obyek

(kosong satu spasi tunggal, 10pt)

Gambar 1 Rangkaian penyearah terkendali 3 phasa gelombang penuh

(kosong dua spasi tunggal ,10pt)

Gambar ditempatkan simetris dalam kolom berjarak satu spasi tunggal dari paragraf. Gambar diletakkan pada posisi paling atas atau paling bawah dari setiap halaman dan jangan diapit oleh kalimat. Apabila ukuran gambar melewati lebar kolom maka gambar dapat ditempatkan dengan format satu kolom.

 

Persamaan matematika atau rumus diletakkan simetris pada kolom, diberi nomor secara berurutan yang diletakkan di ujung kanan dalam tanda kurung. Apabila penulisan persamaan lebih dari satu baris maka penulisan nomor diletakkan pada baris terakhir. Penggunaan huruf sebagai symbol matematis dalam naskah ditulis dengan huruf miring (italic) seperti x Penunjukkan persamaan dalam naskah dalam bentuk singkatan seperti Pers. (1).

(kosong satu spasi,10 pt)

3.  Hasil dan Pembahasan (12 pt, bold)

(kosong satu spasi,10 pt)

3.1  Hasil Penelitian (10 pt, bold)

(kosong satu spasi,10 pt)

Naskah disusun dalam 4 sub judul Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan (Hasil Penelitian, Pembahasan Hasil Penelitian), dan Kesimpulan. Ucapan Terima Kasih (apabila ada) diletakkan setelah sub judul Kesimpulan dan sebelum Lampiran (jika ada) atau Daftar Pustaka, ditulis dengan huruf besar di awal kata tanpa diberi nomor. Sub judul untuk naskah dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Introduction, Methods or Experiment, Result, Discussion, and Conclusion. Acknowledgement (apabila ada) diletakkan setelah Conclusion sebelum Appendix (jika ada) atau Reference. Tabel ditulis dengan Times New Roman berukuran 10 pt dan diletakkan berjarak satu spasi tunggal di bawah judul tabel. Judul tabel ditulis dengan huruf berukuran 9 pt bold dan ditempatkan di atas table dengan format seperti terlihat pada contoh. Penomoran tabel menggunakan angka Arab. Kerangka tabel menggunakan garis setebal 1 pt dan tidak menggunakan/ memperlihatkan garis vertikal / lajur kolom sedangkan garis horizontal / lajur baris hanya garis pemisah atas dan pemisah paling bawah dan pemisah antar sub judul dengan keterangan tabel (jika ada) seperti contoh Tabel 1. Apabila tabel memiliki lajur yang cukup banyak.

(kosong satu spasi tunggal, 10pt)

Tabel 1  Input THD dan Perhitungan PF  dengan sudut penyalaan (a)

 

Alpha (Derajat)

Jarak sama

Sudut sama

THD(%)

PF

THD(%)

PF

15

38,74

0,90

46,84

0,88

   30                 

50,26            

0,89        

53,83            

0,87      

 

 
(kosong satu spasi tunggal, 10pt) NP                                            

3.2  Pembahasan Hasil Penelitian (10 pt, bold)

(kosong satu spasi,10 pt)

Pembahasan hasil penelitian menguraikan isi dari pada hasil penelitian yang telah dilakukan sesuai dengan sub bab 3 di atas. Dalam pembahasan ini sebaiknya melakukan analisis atau perbandingan, atau kemajuan hasil dari penelitian sebelumnya baik dari penelitian penulis naskah maupun hasil penelitian orang lain. Sebaiknya acuan hasil penelitian yang menjadi rujukan perbandingan atau kemajuan dari artikel yang ditulis adalah merupakan tahun jurnal yang terbaru .

5. Kesimpulan

(kosong satu spasi tunggal, 10 pt)

Kesimpulan merupakan rangkuman dari pembahasan hasil penelitian dan inti dari kesimpulan ini merupakan rujukan atau rangkuman yang dituliskan kembali dalam abstrak.

Daftar Pustaka

[1]  Sudirman S, dan Sri Kurniati A. 2006. Analisis Perbandingan Kinerja Motor Arus Searah Dengan Menggunakan Sistem Kendali PWM dan Non-PWM. Proceeding International Seminar on Electrical Power, Electronics, Communication, Control and Informataics (EECCIS). Universitas Brawijaya Malang. Hal 35.

[2]    C.H. Perry, F. Lu, F. Namavar, N.M. Kalkhoran, R.A. Soref. 1991.

Material Res. Soc. Symp. Proc. 256 p. 153.

[3]   Rashid, M. Elektronika Daya. 1993. PT Prenhallindo, Jakarta. Hal. 75.

[4]  Sri Kurniati. Desain Filter Hibrid. 2006. Tesis Magister. Jurusan Teknik Elektro UNHAS, Indonesia.