PENGGUNAAN JAMBAN/MCK DITINJAU DARI ASPEK KESEHATAN LINGKUNGAN

USE OF JAMBAN / MCK ASSESSED FROM ENVIRONMENTAL HEALTH ASPECTS

  • Hari Rarindo(1*)
    Politeknik Negeri Malang, Program Studi Teknik Mesin
  • Asrori Asrori(2)
    Politeknik Negeri Malang, Program Studi Teknik Mesin
  • Hilmi Iman Firmansyah(3)
    Politeknik Negeri Malang, Program Studi Teknik Mesin
  • Nanang Qosim(4)
    Politeknik Negeri Malang, Program Studi Teknik Mesin
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Jamban Sehat untuk masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kebijakan agar masyarakat menggunakan Jamban/MCK sebagai tempat buang air besar, sehingga dapat berkelanjutan dengan baik. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Penggunaan fasilitas Jamban/MCK yang kurang memenuhi syarat kesehatan lingkungan menyebabkan perilaku masyarakat masih BABS oleh karena itu diperlukan upaya pembangunan Jamban/MCK bagi masyarakat yang dirasa masih kurang mampu untuk membangun Jamban/MCK ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlunya penggunaan Jamban/MCK yang memenuhi kesehatan lingkungan melakukan pembuatan jamban yang lebih menarik dan memenuhi kesehatan lingkungan. Dalam pembangunan Jamban/MCK haruslah memperhatikan aspek keandalan dari bangunan tersebut yaitu kenyamanan, kesehatan dan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan buang air besar. MCK sendiri adalah suatu ruangan dimana seseorang dapat mandi untuk membersihkan tubuhnya. Kebersihan keluarga yang berpusat di MCK menjadikan kebersihan MCK benar-benar penting. MCK buruk yang sitem kebersihannya buruk akan mengundang banyak kuman bertumbuh dan pada akhirnya berisiko menimbulkan bibit penyakit dan lingkungan tempat tinggal menjadi tidak sehat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2021-05-31
How to Cite
Rarindo, H., Asrori, A., Firmansyah, H., & Qosim, N. (2021). PENGGUNAAN JAMBAN/MCK DITINJAU DARI ASPEK KESEHATAN LINGKUNGAN. Jurnal Teknologi, 15(1), 1-7. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/4307
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.