ANALISIS KARAKTERISTIK DEBITUR UMKM BIDANG PERTANIAN TERPADU BANK NTT KANTOR CABANG UTAMA KUPANG

Solviana M. Makandolu

Abstract


Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) dalam perekonomian memiliki peran yang sangat penting. Sebuah studi menggunakan metode survei telah dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengembalian Kredit Mikro Utama (KMU) di bidang pertanian di Bank NTT Pusat Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik debitur KMU baik lancar dan tidak lancar dalam kelayakan kredit di Bank NTT Pusat Kupang. Metode sampel yang digunakan adalah cluster sampling nonproportionate. Jumlah sampel yang dipilih adalah 80 debitur terdiri dari 55 debitur tidak lancar dan 25 debitur lancar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik debitur KMU di Bank NTT Pusat Kupang mengalami kredit bermasalah yang sebagian besar tidak lagi usia produktif, jenis kelamin laki-laki, status perkawinan, tingkat pendidikan tertinggi adalah SMP atau sederajat, serta memiliki sejumlah besar keluarga. Karakteristik usaha yang mempengaruhi kolektibilitas lancar adalah jumlah aset yang kurang dari Rp 20 juta, omset kurang dari Rp 5 juta, batas kredit lebih dari Rp. 30 juta, pendapatan usaha kurang dari Rp satu juta serta usaha yang dilakukan bukan usaha utama tetapi hanya sebagai usaha sampingan.


Full Text:

PDF

References


Asmorowati S. 2007. Dampak Pemberian Kredit Mikro untuk Perempuan: Analisis Pengadopsian Model Grameen Bank di Indonesia. Artikel. Th XX No. 3, Juli: 13-29.

Badan Pusat Statistik. 2008. Faktor-faktor yang Menghambat Perkembangan UMKM, Jakarta.

Kementerian Negara Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. 2009. Berbagai Terbitan. Statistik UMKM Indonesia,Jakarta.

Pratisto A. 2009. Statistik Menjadi Mudah dengan SPSS 17. Cetakan I. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Samti AM. 2011. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembalian kredit

bermasalah oleh debitur gerai Kredit Verena Bogor. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Siringoringo R. 2012. Karakteristik Dan Fungsi Intermediasi Perbankan Di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter Dan Perbankan, Juli: 1 -6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.