Perakitan Dan Pengujian Panel Daya Listrik Portable Low Voltage Main Distribution Panel (LVMDP) Dengan Proteksi Urutan Fasa

  • Gunadi Tjahjono(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ichsan Fahmi(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Fransiskus F.G. Ray(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • Yanthonius M Hietingwati(4)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Panel-portable, proteksi, urutan-fasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan merakit dan menguji suatu Panel Daya Listrik Portable sebagai panel daya tegangan rendah atau Low Voltage Main Distribution Panel (LVMDP) dengan proteksi urutan fasa. Produk panel daya LVMDP dan proteksi urutan fasa berfungsi sebagai system-pengamanan peralatan dan instrumen listrik yang ada di laboratoium Pendidikan Teknik Elektro baik instrument satu fasa dan khususnya instrument dengan supply tiga fasa.
Metode pelaksanaan perakitan dan pengujian dilaksanakan dengan cara pengukuran langsung di laboratorium Pendidikan Teknik Elektro FKIP Undana menyangkut dua hal yaitu; Pertama, pengujian tahanan isolasi penghantar, busbar dan bodi panel, NFB, MCB satu dan tiga fasa juga stop kontak satu dan tiga fasa. Kedua, pengukuran tegangan, arus dan daya pada masing-masing fasa R,S, dan T dengan beban motor induksi tiga fasa.
Hasil penelitian menghasilkan; Nilai Rerata tahanan isolasi penghantar yang digunakan pada panel sebesar 4000 [MΩ]. Tegangan, arus dan daya semu serta daya-reaktif menunjukan nilai yang stabil sehingga dapat dimaknai bahwa urutan fasa menunjukkan pada urutan yang benar yaitu R, S dan T.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-05-15