Perancangan Sistem Informasi Taman Baca Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Nusa Cendana

  • George Candra Keffi(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Zet Yulius Baitanu(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Ichsan Fahmi(3)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Taman Bacaan, Sistem Informasi, PHP, MySQL, Angket

Abstract

Bertambahnya koleksi skripsi, buku, jurnal dan sumber bacaan lainnya di Taman Baca Prodi Pendidikan Teknik Elektro telah berdampak pada tingkat pelayanan yang semakin kurang baik. Hampir semua aktifitas yang ada masih menggunakan metode konvensional termasuk pencarian skripsi atau buku. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan untuk taman bacaan diperlukan untuk mengganti proses konvesional tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi perpustakaan berbasis Web dengan menggunakan PHP dan MySQL. Metode yang digunakan adalah metode Waterfall yang dimulai dari tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi dan testing. Observasi dan Angket digunakan dalam tahap analisis kebutuhan sedangkan untuk menguji sistem informasi taman bacaan dilakukan validasi oleh ahli yang berkompeten dan juga admin serta mahasiswa sebagai pengguna utamanya.
Hasil Pengujian Sistem Informasi Taman Bacaan yang telah dilakukan menunjukan skor rata-rata penilaian dari Ahli adalah 3,94 dengan kategori “Sangat Baik”, Admin Taman Bacaan dengan nilai 3,71 dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan untuk rata-rata skor penilaian mahasiswa 3,78 dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa sistem informasi taman baca berbasis PHP dan MySQL“Sangat Layak” digunakan sebagai sarana pada taman baca Pendidikan Teknik Elektro.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2022-05-10