Pengaruh pemberian pakan berupa ikan tembang, ikan kembung dan campurannya terhadap pertumbuhan rajungan (Portunus pelagicus)

  • Kristina A Making(1)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan, Undana
  • Felix Rebhung(2*)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan, Undana
  • Alexander L Kangkan(3)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan, Undana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan berupa ikan tembang, ikan kembung dan campurannya terhadap pertumbuhan rajungan (Portunus pelagicus).  Sebanyak 9 kurungan bambu yang masing-masing berukuran 1 x 0,5 x 0,5 m ditempatkan di perairan. Setiap kurungan berisi 2 ekor rajungan dengan berat 100 – 150 g.  Penelitian ini menggunakan pola Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas tiga perlakuan yaitu : A (ikan tembang), B (ikan kembung) dan C (campurannya ikan tembang dan kembung) yang masing-masing diulang sebanyak tiga kali.  Hasil analisis sidik ragam (ANOVA) menunjukkan pemberian pakan ikan tembang, ikan kembung dan campurannya tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap pertumbuhan mutlak, pertumbuhan panjang karapas dan pertumbuhan lebar karapas rajungan.

 

Kata kunci : Rajungan, ikan tembang, ikan kembung, pertumbuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-09-16
How to Cite
Making, K., Rebhung, F., & Kangkan, A. (2020). Pengaruh pemberian pakan berupa ikan tembang, ikan kembung dan campurannya terhadap pertumbuhan rajungan (Portunus pelagicus). Jurnal Aquatik, 2(2), 41-49. https://doi.org/10.35508/aquatik.v2i2.2567