Penggunaan Berbagai Jenis Arang dalam Memperbaiki pH dan Amoniak untuk Mengatasi Perkembangan Bakteri Aeromonas hydrophila pada Pemeliharaan Ikan Nila (Oreochromis niloticus).

  • Marianus Ada Lein(1)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana
  • Yuliana Salosso(2*)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana
  • Ade Yulita Hesti Lukas(3)
    Fakultas Kelautan dan Perikanan Undana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan selama 1 bulan, di Laboratorium Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan berbagai jenis arang dapat memperbaiki pH dan menurunkan amoniak (NH3) serta  mengurangi kepadatan bakteri Aeromonas hydrophilla pada pemeliharaan ikan Nila (Oreochromis niloticus). Arang memiliki kemampuan menyerap gas-gas yang terlarut dalam air, logam berat maupun warna dan bau pada perairan. Penelitian ini menggunakan jenis arang yang berbeda yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas air sehingga diharapkan dapat mengurangi kepadatan bakteri A. hydrophilla. Jenis arang yang digunakan yaitu arang tempurung, arang kemiri dan arang kusambi sebanyak 50 g dan dijahit dalam waring kemudian disimpan dalam aquarium berisi air 10 L dengan ikan nila sebanyak 6 ekor dan bakteri A. hydrophilla dengan total dosis bakteri 2 ml melalui penyuntikan sebanyak 2 kali menggunakan alat suntiik bervolume 1 ml. Hasil penelitian menunjukkan jenis arang tempurung mampu menjaga kualitas air dan menyerap bakteri A. hydrophilla sehingga bakteri A. hydrophilla dalam air berkurang dan tingkat kelulushidupan ikan 100%. Penggunaan jenis arang tempurung dapat digunakan sebagai bahan untuk menjaga kualitas air dan mengurangi kepadatan bakteri A. hydrophilla.

Kata kunci: Arang tempurung, arang kusambi, arang kemiri, bakteri A. hydrophilla, (O. niloticus)

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-10-04
How to Cite
Lein, M., Salosso, Y., & Lukas, A. (2020). Penggunaan Berbagai Jenis Arang dalam Memperbaiki pH dan Amoniak untuk Mengatasi Perkembangan Bakteri Aeromonas hydrophila pada Pemeliharaan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Jurnal Aquatik, 3(2), 1-8. https://doi.org/10.35508/aquatik.v3i2.3139