PKM ECOBRICK KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BATUPLAT KOTA KUPANG

  • Elsy Elisabet Hangge Universitas Nusa Cendana
Keywords: penangan sampah plastik, ecobrick, furnitur ecobrick

Abstract

Salah satunya berupa sampah plastic menjadi  masalah tersendiri  karena  sampah  jenis  ini  sangat  sulit  didegradasi. Peran  serta ibu rumah  tangga dalam  mengelola  sampah rumah  tangga,  terutama  sampah plastik, akan  sangat  bermanfaat  bagi  lingkungan.     

Oleh karena itu, kegiatan pemberdayaan  ibu-ibu  rumah  tangga  dalam  memanfaatkan  sampah plastik  menjadi  ecobrick untuk menghasilkan furnitur berupa kursi dan meja yang merupakan barang-barang  kerajinan  bernilai  ekonomi  untuk menambah  pendapatan keluarga ini  penting  untuk  dilakukan. Selain itu kegiatan ini memberi edukasi untuk penyelamatan lingkungan hidup berupa penanganan sampah plastik. Permasalahan  dalam kegiatan  ini  adalah bagaimanakah  cara  mengumpulkan  dan  mengelola  sampah plastik  yang  berasal  dari  aktivitas  rumah  tangga;  bagaimanakah  cara memberikan  pengetahuan  kepada  ibu-ibu  rumah  tangga  untuk  meminimalisasi limbah  plastik  dengan  cara  memanfaatkannya  menjadi  furnitur kursi dan meja berbahan ecobrick  yang bernilai  ekonomi;  dan  bagaimanakah  efektivitas  pelatihan  yang diadakan bagi ibu-ibu rumah tangga dalam hal memanfaatkan sampah plastik yang berasal dari aktivitas rumah tangga menjadi furnitur kursi dan meja berbahan ecobrick  yang bernilai  ekonomi.

Kegiatan PKM Ecobrick kelompok ibu rumah tangga di Kelurahan Batuplat Kecamatan Alak Kota Kupang memberikan pemahaman dan pelatihan tentang pentingnya memelihara kebersihan lingkungan khususnya penanganan sampah plastik.Ibu-ibu rumah tangga di RT.014 RW.06 Kelurahan Batuplat menjadi mengerti untuk melakukan pemisahan sampah organik dan non organik serta diberikan ketrampilan dalam mengolah sampah plastik menjadi ecobrick sebagai bahan pembuatan furnitur berupa kursi sofa dan meja. Luaran dari penelitian ini dapat menjadi acuan atau model dalam penangan sampah plastik menjadi barang bernilai ekonomi dan penyelamatan lingkungan dari sampah plastik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Elsy Elisabet Hangge, Universitas Nusa Cendana

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Sains Dan Teknik Universitas Nusa Cendana

Published
2019-12-17
How to Cite
Hangge, E. (2019). PKM ECOBRICK KELOMPOK IBU RUMAH TANGGA DI KELURAHAN BATUPLAT KOTA KUPANG. Jurnal Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Undana, 12(2), 1 - 8. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/jlppm/article/view/1862

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.