APLIKASI SOLAR SEL PADA USAHA AYAM POTONG KAMPUNG DAUN DALAM MENGURANGI BIAYA PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK

  • Abdul Wahid(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Sri Kurniati(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Solar Sel, Ayam Potong, Hemat Energi

Abstract

Paper ini bertujuan untuk mengaplikasikan teknologi solar sel dalam mengurangi biaya penggunaan energi listrik pada Usaha Ayam potong di Daerah Kampung Daun-Baumata. Melalui aplikasi alat ini, maka usaha peternakan ayam potong yang berlokasi di daerah Baumata dapat memberikan solusi ketika terjadi pemadaman listrik dan sekaligus dapat mengurangi biaya operasional penggunaan energy listrik yang berasal dari PLN. Pada sistem desain alat ini dipasang panel solar sel 100 Wp, aki untuk pengisian energi listrik 140 Ah, dan inverter 1300 Watt untuk menghidupkan lampu neon dan penyediaan sumber energi.

Metode yang digunakan adalah mengaplikasikan panel solar sel untuk mengisi aki dan merubah tegangan DC dari aki melalui inverter menjadi tegangan AC. Hasil penelitian diperoleh penurunan pembayaran listrik dimana sebelumnya menggunakan energy listrik sebesar 3.6 kwh/malam dengan 3 buah lampu pijar sebesar 300 Watt. Berdasarkan hasil analisis diperoleh penghematan penggunaan energi listrik yang berdampak pada efisiensi pembayaran listrik. Dalam 1 kandang menggunakan 3 bola lampu pijar dengan daya masing-masing 100 Watt. Setiap malam dinyalakan selama 12 jam (jam 18.00 – 6.00). Artinya energi yang digunakan W= P.h (Kwh) atau 0.3 kw x 12 jam = 3.6 Kwh. Jika harga listrik per kwh (Januari 2017) sebesar Rp1.467,28, maka diperoleh penghematan pembayaran listrik sebesar: Rp1.467,28 x 3.6 = Rp5.282,21/malam atau 158.466/bulan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abdul Wahid, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Fisika, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

Sri Kurniati, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

References

- Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi. 2004. Pengembangan PemanfaatanEnergi Alternatif. Makalah Disampaikan Pada Diskusi di P2E-LIPI dengan tema Pengembangan Sumber Daya Energi Alternatif: Upaya Mengurangi Ketergantungan Terhadap Minyak.

- Indartono, Y,S., 2005. Pengembangan Energi Terbarukan sebagai Energi Aditif di Indonesia.

- Kessler, R. Nutzi. 1995. Photovoltaik, Malang, VEDC.

- Roberts, Simon. 1996. Solar Electicity. A Practical Guide to Designing and Installoing Small Photovoltac System, New York, Prentice Hill.

- Teguh Utomo. 2006. Kajian Kelayakan Sistem Photovoltaik sebagai Pembangkit Daya Listrik Skala Rumah Tangga.Proceedings EECCIS. Universitas Brawijaya.

- Y. Sukamongkol, S. Chungpaibulpatana, W. Ongsakul. 2002. A Simulation Model for Predicting the Performance of A Solar Photovoltaic System With Alternating Current Loads.Renewable Energy, No. 27, pp. 237-258.

PlumX Metrics

Published
2017-10-30
How to Cite
[1]
A. Wahid and S. Kurniati, “APLIKASI SOLAR SEL PADA USAHA AYAM POTONG KAMPUNG DAUN DALAM MENGURANGI BIAYA PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK”, JME, vol. 6, no. 2, pp. 39-44, Oct. 2017.
Section
Articles