PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN MAJEMEN SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH KUPANG

  • Nursalim Nursalim(1*)
    Universitas Nusa Cendana
  • Agusthinus S. Sampeallo(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Website, Sistem Informasi dan Manajemen, SMK Muhammadiyah Kota kupang

Abstract

Perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan saat ini sudah tidak bisa dihindari lagi, karena telah menyatu dengan perkembangan setiap aktivitas, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Demikian halnya guru sebagai tenaga profesional, harus mampu mengimbangi laju perubahan tersebut. Sikap yang harus direfleksikan oleh guru di antaranya melalui apresiasi, inovasi, dan kreasi untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) seperti yang dicantumkan pada peraturan kompetensi guru dalam pasal 8 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005. SMK Muhammadiyah kupang adalah merupakan salah satu sekolah yang menjadikan sekolah sebagai pusat pendidikan, da’wah, dan pengkaderan yang unggul dan andal yang ada di kota kupang. Pada dasarnya SMK Muhammadiyah mempunyai banyak kegiatan baik yang bertaraf lokal maupun yang bertaraf nasional, namun kegiatan tersebut kurang bergaung di masyarakat kota kupang yang disebabkan karena kurangnya media promosi yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah kota kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan system informasi dan manajemen berbasis website untuk membantu SMK muhammadiyah kota kupang agar dapat mempublikasi hasil-hasil kegiatan yang pernah diikutinya. Selain itu, dengan adanya sistem manajemen ini, maka SMK Muhammadiyah kota kupang dapat dengan mudah mengelola system administrasinya.

Berdasarkan hasil kegiatan dapat dilihat bahwa adanya system informasi dan manajemen sekolah berbasis website di SMK Muhammadiyah dapat memberikan kemudahan kepada guru untuk memanajemen serta mempromosikan hasil kegiatan sekolah mereka ke masyarakat khususnya mengenai kegiatan sekolah SMK Muhammadiyah Kota Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nursalim Nursalim, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

Agusthinus S. Sampeallo, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

References

Gerhaantara, R., & Samopa, F. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Pendidikan dan Pelatihan dalam Jabatan Berbasis Web pada Bagian Pengembangan Pegawai Direktorat Jenderal Perbendaharaan. JURNAL TEKNIK POMITS, 376 - 380.

Gobel, S. C. (2016, 9 10). http://www.kursuswebsite.org/pengertian-fungsi-dan-perbedaan-antara-front-end-dan-back-end/. Retrieved from http://www.kursuswebsite.org/: http://www.kursuswebsite.org/pengertian-fungsi-dan-perbedaan-antara-front-end-dan-back-end/

Kwartolo, Y. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Penabur, 15 - 43.

Marlena, N., & Sasongko, D. (2010). Pembuatan Website Profil Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kartasura. Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7 -14.

PlumX Metrics

Published
2017-10-30
How to Cite
[1]
N. Nursalim and A. Sampeallo, “PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN MAJEMEN SEKOLAH SMK MUHAMMADIYAH KUPANG”, JME, vol. 6, no. 2, pp. 58-61, Oct. 2017.
Section
Articles