SISTEM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS PADA KANTOR STASIUN METEOROLOGI EL TARI KUPANG)

  • Yoga Arya Setyadi(1)
    Universitas Nusa Cendana
  • Wenefrida T. Ina(2)
    Universitas Nusa Cendana
  • Silvester Tena(3*)
    Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Data kinerja pegawai, Kriteria, AHP

Abstract

Penilaian prestasi kinerja adalah suatu proses penilaian yang dilakukan pemimpin perusahaan secara sistematik berdasarkan pekerjaan yang ditugaskan kepada pegawainya. Stasiun Meteorologi El Tari Kupang merupakan salah satu instansi pemerintahan yang menerapkan penilaian kinerja pegawai untuk tujuan promosi jabatan ataupun pemilihan pegawai berprestasi. Untuk membantu Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang dalam proses penilaian kinerja pegawai maka sangat penting dibangun sebuah sistem penilaian kinerja. Penerapan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) terkomputerisasi yang mampu membantu proses penilaian kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk penilaian prestasi kerja pegawai. Sistem yang dibangun berbasis web dan menggunakan kriteria penilaian pegawai meliputi kedisiplinan, prestasi kerja, tanggung jawab dan kompetensi bidang. Hasil analisis yang didapat mampu memberikan urutan rangking terbaik, sehingga menghasilkan kriteria dengan bobot tertinggi yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi sistem penilaian kinerja pegawai Stasiun Meteorologi El Tari Kupang dengan metode Analytical Hierarchy Proccess dapat berfungsi dengan baik. Hasil perbandingan nilai akhir antara perhitungan sistem dengan perhitungan metode AHP secara manual memiliki nilai yang sama. Hasil perbandingan perangkingan antara sistem dengan data penilaian manual Kantor Stasiun Meteorologi El Tari Kupang mempunyai persamaan urutan perangkingan sebanyak 9 dari 16 pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yoga Arya Setyadi, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

Wenefrida T. Ina, Universitas Nusa Cendana

Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Nusa Cendana

References

Dessler, G, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi ke-7, Alih bahasa, Jilid 1 & Jilid 2. Jakarta : Prenhallindo.

E. Turban, J. E. Aronson and T. P. Liang. 2011. Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Kusrini. 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Nasution, Mulia, 2000. Manajemen Personalia, Djambatan, Jakarta.

Saaty, T. L., 1986, Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin-Proses Hirarki Analitik Untuk Pengambilan Keputusan Dalam Situasi yang Kompleks, (diterjemahkan oleh: I. K. Peniwati), IPPM, Pittsburgh.

PlumX Metrics

Published
2018-12-22
How to Cite
[1]
Y. Setyadi, W. Ina, and S. Tena, “SISTEM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (STUDI KASUS PADA KANTOR STASIUN METEOROLOGI EL TARI KUPANG)”, JME, vol. 7, no. 2, pp. 59 - 66, Dec. 2018.
Section
Articles