PEMBENTUKAN PENGECORAN EMAS PADA INDUSTRI KECIL DI KUPANG NTT

  • Defmit Bifjum Nathaniel(1)
    Prodi Teknik Mesin , FST Universitas Nusa Cendana Kupang
  • Priyono Priyono(2)
    Pend. Teknik Mesin; FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kelompok Pengrajin Emas Kota Kupang

Abstract

Program Ipteks bagi masyarakat bertujuanĀ  untuk memberdayakan pengrajin emas dan perak terutama bidang teknologi finishing coran pencucian emas dan finishing pembentukan emas yang hingga saat ini dirasakan pengrajin emas masih memerlukan alat blendes sebagai bentuk produktivitas kerja dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Satu sisi pengrajin emas ini memiliki alat-alat yang cukup renik namun masih diperlukan suatu teknologi pembentukan yang baik sehingga mampu untuk melayani produk pengerjaan yang lebih cepat dan persisi. Dengan menggunakan peralatan yang terbatas saat ini dengan sistim tradisional ternyata masih banyak kelemahan-kelemahan antara lain masa produksi pengecoran pemanasan emas untuk membersihkan emas masih dirasa kurang memadahi, target pesanan barang khususnya pengecoran atau pencucian emas memerlukan kecepatan yang memadahi sehingga hasilnya dapat memuaskan pelanggan atau pembeli di wilayah Kupang NTT ini.Melalui program IbM yang akan dilakukan ini diharapkan bantuan teknologi yaitu sistem pembakaran untuk pencucian emas melalui alat cor sederhana dan pembentukan emas dengan teknologi blendes 1) dapat meningkat produktivitas yang setinggi-tingginya. 2) meningkatkan jumlah produksi kerajinan emas yang dibutuhkan oleh pelanggan dan menarik, 3) memperbaiki efsiensi tenaga kerja pengrajin emas I yang dikelola oleh bapak Mubari dan pengrajin emas II oleh ibu Nanik,4) menambah volume pekerjaan finishing pencucian emas dan pembentukan emas bagi ke dua pengrajin emas. Dengan perbaikan sistem di bidang teknologi ini, diharapkan kuantitas dan kualitas produk pengrajin emas dan perak ini dapat ditingkatkan sehingga berdampak positif terhadap kepentingan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2018-09-30
How to Cite
Nathaniel, D., & Priyono, P. (2018). PEMBENTUKAN PENGECORAN EMAS PADA INDUSTRI KECIL DI KUPANG NTT. Jurnal Teknologi, 1(1), 50-55. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/1169

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.