ANALISIS KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN BAJA TAHAN KARAT MARTENSITIK HASIL PENGELASAN DENGAN VARIASI LAJU PENDINGINAN

ANALYSIS OF TENSILE STRENGTH AND VIOLENCE OF MARTENSITIC RUST STEEL STEEL RESULTS WITH VARIATION OF COOLING RATE

  • Subagiyo Subagiyo(1*)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Samsul Hadi(2)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Lisa Agustriyana(3)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Hari Rarindo(4)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kekuatan tarik, Kekerasan, Pengelasan, Pendinginan

Abstract

Baja tahan karat mempunyai sifat mekanik yang baik dibanding dengan bahan lain untuk kekuatan dan kekerasan, akan tetapi jika dilakukan pengelasan sifat kekuatan dan kekerasan akan berubah sesuai dengan laju pendinginan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi tentang: nilai kekuatan tarik dan kekerasan baja tahan karat martensitik hasil pengelasan dengan laju pendinginan yang bervariasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu dengan melakukan proses pengelasan pada baja tahan karat martensitik dengan variasi laju pendinginan, hasil eksperimen diuji tarik dan diuji kekerasan dengan metode Rockwell C (HRC). Hasil penelitian menunjukkan kekuatan tarik sedikit turun dari 68 Kg/mm2 menjadi 50,67 - 66.60 Kg/mm2 diperoleh dari proses pengelasan dengan media pendingin udara 66.60 Kg/mm2, media pendingin pasir 50,67 Kg/mm2 dan media pendingin kapur 55,80 Kg/mm2, sedangkan kekerasan mengalami peningkatan  dari 22 HRC menjadi 42,0 – 57,25 HRC, yaitu diperoleh dari media pendingin udara 57,25 HRC, media pendingin pasir 53,00 HRC dan media pendingin kapur 42,00 HRC.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-11-30
How to Cite
Subagiyo, S., Hadi, S., Agustriyana, L., & Rarindo, H. (2019). ANALISIS KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN BAJA TAHAN KARAT MARTENSITIK HASIL PENGELASAN DENGAN VARIASI LAJU PENDINGINAN. Jurnal Teknologi, 13(2), 1-5. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/1711
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.