PENGARUH METODE PENGAJARAN DAN WAKTU PEMBERIAN BALIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETRAMPILAN PSIKOMOTOR PRAKTEK KAYU

THE INFLUENCE OF TEACHING METHOD AND TIME OF GIVING BACK TO THE LEARNING OUTCOMES OF SKILL PRACTICES PSYCOMOTORS

  • Harijono Harijono(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • Asrial Asrial(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • I Made Parsa(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pemberian balikan, Praktek kayu, PTB

Abstract

Kemampuan dosen dalam pemberian matakuliah praktek kayu masih kurang menggembirakan dan efektif, penilaianĀ  yang dilaksanakan dosen diberikan berdasarkan petimbangan keterpaksaan, sehingga bersifat subyektif atau terpaksa memberi nilai minimal. Akibatnya di kalangan peserta didik/mahasiswa PTK program studi pendidikan teknik bangunan FKIP muncul pandangan cenderung meremehkan bahkan melecehkan mata kuliah praktek struktur kayu. Oleh karena itu ,penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode pengajaran dan waktu pemberian balikan yang telah dirancang dengan baik dandiuji cobakan dalam meningkatkan hasil belajar ketrampilan yang lebih baik, dalam segi ketrampilan peniruan, pemanipulasian, ketelitian, penggabungan dan otomatisasi, dengan bakat bangunan sebagai kovariat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk pengajaran khususnya untuk model pengajaran ketrampilan psikomotorik mahasiswa program sarjana (S1) jurusan PTK program studi endidikan teknik bangunan Universitas Nusa Cendana Kupang NTT. Adapun rancangan yang digunakan adalah eksperimen/rancangan factorial semua karena peneliti ingin mengetahui pengaruh dua variabel bebas sekaligus dan penentuan subjek dalam kelompok tidak dapat dilakukan secara acak. Variabel bebas adalah metode pengajaran dan waktu pemberian balikan, variabel tergantung adalah hasil belajar ketrampilan praktek struktur kayu (materi penunjang praktek dan praktek struktur kayu). Sedangkan bakat bangunan kayu dimasukkan dalam rancangan ini sebagai kovariat. Instrumen dalam penelitian ini dikembangkan beberapa instrument diantaranya tes materi pendukung praktek dan praktek, pedoman penilaian, bakat bangunan, uji coba instrument dan penentuan validitas butir tes dan penentuanĀ  reliabilitas butir tes. Subyek penelitian ini adalah 60 mahasiswa program sarjana (S1) jurusan PTK program studi pendidikan teknik bangunan. Subyek dibagi menjadi empat kelompok yaitu kelompok control dan tiga kelompok eksperimen. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan analisis data dengan teknik anova dua jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-11-30
How to Cite
Harijono, H., Asrial, A., & Parsa, I. (2019). PENGARUH METODE PENGAJARAN DAN WAKTU PEMBERIAN BALIKAN TERHADAP HASIL BELAJAR KETRAMPILAN PSIKOMOTOR PRAKTEK KAYU. Jurnal Teknologi, 13(2), 6-9. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/1712
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.