STUDI IMPLEMENTASI SMALL PLTS OFF GRID BERBASIS BATERAI LiFePO4 PADA RUMAH TINGGAL DAYA TENAGA SURYA 200 W

STUDY OF SMALL PLTS OFF GRID IMPLEMENTATION BASED ON LIFePO4 BATTERY AT 200 SOLAR SURYA POWER HOUSE

  • Widjanarko Widjanarko(1*)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Pipit Wahyu Nugroho(2)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Agus Dani(3)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • Nila Alia(4)
    Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: small PLTS, off grid, LiFePO4, Solar Panel

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk implementasi dan pengujian small PLTS off grid berbasis baterai LiFePO4 sebagai penyimpan energi listrik pada rumah tinggal daya tenaga surya 200 W. Komponen utama pada implementasi small PLTS off grid berbasis baterai LiFePO4 diperlukan modul pendukung yaitu: sensor, controller, charger dan sel surya. Modul baterai yang dipergunakan tersusun oleh 4 sell baterai LiFePO4 yang disusun seri hingga menghasilkan 12 volt, 100Ah, atau 1,2kWh. Sedangkan, modul sel surya terdiri dari 2 module 100 watt peak. Pengujian implementasi ini meliputi pengujian charging dan discharging modul baterai dengan beban. Peralatan pemantau baterai menggunakan battery management system yang dikembangkan menggunakan system Arduino & simulasi dengan LabView yang ditampilkan secara real time.

Uji fungsi (charge dan discharge) daya 200 watt pada rumah tinggal diketahui bahwa rata-rata jumlah daya yang tersisa dan tersimpan dalam baterai setelah digunakan oleh beban (5 buah lampu 5 watt dan 1 buah dispenser 175 watt) adalah 347,065842 watt dengan rata-rata penggunaan 11,03 jam/hari untuk lampu dan rata-rata penggunaan 3,57 jam/hari untuk dispenser selama satu bulan pengambilan data. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan energi alternatif matahari dapat berkontribusi untuk mendukung program pemerintah yaitu energi ramah lingkungan dan menghemat penggunaan listrik berbahan bakar fosil.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-11-30
How to Cite
Widjanarko, W., Nugroho, P., Dani, A., & Alia, N. (2019). STUDI IMPLEMENTASI SMALL PLTS OFF GRID BERBASIS BATERAI LiFePO4 PADA RUMAH TINGGAL DAYA TENAGA SURYA 200 W. Jurnal Teknologi, 13(2), 10-14. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/1713
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.