RANCANGAN INSTALASI LISTRIK TENAGA BAGI UKM SIMA INDAH DI SIKUMANA KOTA KUPANG

ELECTRICITY INSTALLATION DESIGN FOR SIMA INDAH UKM IN SIKUMANA, KUPANG CITY

  • I Made Parsa(1*)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Undana
  • Frans F. G. Ray(2)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Undana
  • Crispinus P. Tamal(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Undana
  • Lois Busdy(4)
    Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Penyuluhan, Pemasangan dan Instalasi Listrik

Abstract

Energi listrik saat ini sangat dibutuhkan dan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat. Salah satu konsumen/pengguna energi listrik adalah generasi muda dan para pekerja. Generasi muda dan para pekerja dalam hal ini orang-orang muda merupakan generasi penerus serta manusia produktif, harus diberikan pemahaman akan tugas dan tanggungjawab terhadap dirinya sendiri maupun terhadap masyarakat umumnya. Salah satu kebutuhan dalam berumah tangga dan menghasilkan kinerja produktif adalah kebutuhan akan energi listrik. 

Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan ini adalah menggunakan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu peserta kegiatan dalam hal ini UKM Sima Indah memahami tentang arti pentingnya energi listrik, meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tentang bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh listrik serta cara menanggulanginya, bisa melakukan instalasi listrik tenaga rumah tinggal.

Adapun konkret mengatasi permasalahan mitra pada UKM Sima Indah di Sikumana Kota Kupang melalui program PKM ini dilakukan dalam bentuk bantuan: (1). Rancangan pelatihan pengolahan camilan jajanan khas NTT, dengan bantuan energi listrik dimana pemanfaatan gerakan motor listrik, apakah kuantitas kerja produksi camilan, posisi produk pengolahan jajanan khas NTT yang akan di produk melalui putaran motor listrik. dan (2). Rancangan pelayanan dan contoh cara-cara pengoperasian peralatan produk yang menggunakan motor listrik, untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas camilan jajanan khas NTT.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-11-30
How to Cite
Parsa, I., Ray, F., Tamal, C., & Busdy, L. (2019). RANCANGAN INSTALASI LISTRIK TENAGA BAGI UKM SIMA INDAH DI SIKUMANA KOTA KUPANG. Jurnal Teknologi, 13(2), 22-28. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/1715
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.