PENGARUH KECEPATAN ALIRAN AIR PADA PENCUCIAN PASIR BESI MENGGUNAKAN OPERASIONAL JIGGING

INFLUENCE OF WATER FLOW SPEED ON IRON SANDING WASHING USING OPERATIONAL JIGGING

  • Yusuf Rumbino(1*)
    Prodi Teknik Pertambangan, FST UNDANA
  • Jeremias Nepafay(2)
    Prodi Teknik Pertambangan, FST UNDANA
  • Steven Masu(3)
    Prodi Teknik Pertambangan, FST UNDANA
  • (*) Corresponding Author
Keywords: recovery, konsentrat, pasir besi, jig, aliran air

Abstract

Endapan pasir besi pada umumnya mengandung mineral utama, seperti magnetit (Fe3O4/FeO.Fe2O3) hematit (Fe2O3) dan ilmenit (FeTiO3/FeO.TiO2) serta mineral ikutan pyrhotit (Fe.nSn), pirit (FeS), markasit (FeS2), kalkopirit (CuFeS2), kromit (FeO,Cr2O3), almandit [Fe3Al2(SiO4)3], andradit [Ca3Fe2(SiO4)3], SiO2 bebas, serta unsur jejak (trace element) lainnya, antara lain : Mn, Mg, Zn, Na, K, Ni, Cu, Pb, As, Sb, W, Sn, V. Dikatakan pasir besi karena pasir ini memiliki konsentrasi besi yang signifikan. Hal ini biasanya berwarna abu-abu gelap atau berwarna kehitaman. Salah satu pemanfaatan pasir besi adalalah untuk produksi pigmen, diperlukan magnetit dengan kemurnian tinggi (di atas 95%), bebas dari kontaminan kimia dan dengan ukuran partikel lebih kecil dari 100 μm. Pemisahan menggunakan jig adalah salah satu metode konsentrasi gravitasi tertua. Bahkan cara ini yang tersebar luas dalam pencucian batubara karena presisi pemisahan yang tinggi, efektivitas biaya, dan laju produksi yang tinggi. Jig adalah pemisah gravitasi yang menggunakan denyut (ekspansi berulang dan kontraksi lapisan vertikal partikel) air. Hasil dari gerakan ini adalah stratifikasi unggun, di mana kerapatan bahan terbelah secara berurutan dari atas ke bawah (Spotisswood, 1982, Tsunekawa, 2005).

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-11-30
How to Cite
Rumbino, Y., Nepafay, J., & Masu, S. (2019). PENGARUH KECEPATAN ALIRAN AIR PADA PENCUCIAN PASIR BESI MENGGUNAKAN OPERASIONAL JIGGING. Jurnal Teknologi, 13(2), 36-39. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/1717
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.