RANCANGAN ALAT BELAH KAYU SISTEM PUTARAN GERGAJI DENGAN PENGATURAN TEKANAN MOTOR LISTRIK

DESIGN OF WOODWORKING TOOLS FOR SAWING ROTATION SYSTEMS WITH ELECTRIC MOTOR PRESSURE CONTROL

  • I Made Parsa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro FKIP Universitas Nusa Cendana
  • Harijono Harijono Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Universitas Nusa Cendana
  • Sosiawan H Guru SMK Negeri 2 Kupang
Keywords: Motor Listrik, Pembelahan dan Ornamen Kayu

Abstract

Dalam peningkatan pemanfaatan energi gerak dari motor listrik sebagai sumber tenaga bagi peralatan industri: olahan ukiran kayu, lemari, kursi dan jenis meubelair lainnya, maka diciptakan Model Alat Membelah Kayu Sistem Putaran Gergaji Dengan Pengaturan Tekanan Motor Listrik. 

Alat ini diperlukan karena pembuatan produk industri pengolahan kayu selama ini masih produk manual begitu saja, sehingga waktu untuk pengolahan produk kayu, seperti membelah kayu menjadi lama dan kurang merata, yang berakibat produksi pengolahan kayu yang sangat terlambat, serta proses permukaan kayu yang tidak merata, karena kemampuan kerja terbatas pada setiap permukaan produk kayu. Adapun konkret mengatasi permasalahan mitra pada UKM Hupi Woro Kota Kupang melalui program  PKM ini dilakukan dalam bentuk  bantuan: pendidikan, pelayanan, pelatihan dan evaluasi  penggunaan Alat Produk Belah Kayu Sistem Putaran Gergaji Dengan Pengaturan Tekanan Motor Listrik.

Kegiatan Rancangan Karya Teknologi melaksanakan kegiatan sebagai berikut: (1). Pelatihan pengolahan pembelahan kayu secara simetris, dengan tekanan putaran gergaji dimana pemanfaatan gerakan motor listrik, apakah ketepatan arah belah kayu, posisi produk pengolahan kayu yang akan di produk melalui putaran gergaji pengaturan tekanan motor listrik, untuk mendapatkan akurasi hasil pembelahan kayu dengan lebih akurat dan tepat sehingga hasil permukaan kayu merata. Dan (2). Memberikan pelayanan dan contoh cara-cara pengoperasian peralatan produk melalui putaran pengaturan tekanan motor listrik, untuk mendapatkan bentuk benda kayu yang merata pada setiap pembelahan kayu, serta mobilitas alat yang bergeser atau pindah karena tempat lokasi, yang baik dan  benar serta cara pemelihara peralatan produksi olahan kayu dengan suku cadang dan alat penunjangnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-30
How to Cite
Parsa, I., Harijono, H., & H, S. (2020). RANCANGAN ALAT BELAH KAYU SISTEM PUTARAN GERGAJI DENGAN PENGATURAN TEKANAN MOTOR LISTRIK. Jurnal Teknologi, 14(1), 1-9. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/jurnal_teknologi/article/view/2272
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.