PENGARUH LUAS PERMUKAAN CYCLONE DAN PUTARAN MESIN TERHADAP PERFORMA ENGINE 1500 CC

WIDELY INFLUENCE OF CYCLONE SURFACE AND MACHINE ROUND TOWARDS THE PERFORMANCE OF 1500 CC ENGINE

  • Sugeng Hadi Susilo Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Yaniar Wimby Herminingtyas Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Hari Rarindo Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
Keywords: performa mesin, luas permukaan cyclone, putaran mesin

Abstract

Perkembangan dunia otomotif yang semakin berkembang pesat membuat para industri otomotif memproduksi teknologi terbaru karena memiliki nilai efisiensi yang ekonomis termasuk dalam meningkatkan daya dan performansi kerja pada mesin. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peningkatan unjuk kerja mesin adalah dengan penambahan cyclone dengan variasi pada luas permukaan sudu dengan sudut kemiringan 30 ̊.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan performa mesin dengan perbandingan luas permukaan sudu cyclone yang berbeda serta menganalisis pengaruh dengan interaksi variasi putaran mesin.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode statistik dengan pengolahan data menggunakan metode regresi serta metode DOE-Factorial dalam mengetahui pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat yang ditentukan.

Hasil penelitian ini daya meningkat signifikan pada putaran mesin 4.500 rpm sampai 5.500 rpm menggunakan cyclone dengan luas permukaan sudu 1.620 mm2 mencapai hingga 87 Hp dengan torsi maksimum yang dihasilkan pada putaran mesin 3.000 rpm sebesar 317 Nm dan tekanan efektif rata-rata (Bmep) optimum dihasilkan pada putaran mesin 3.000 rpm yang dihasilkan sebesar 1.025 kPa atau setara 10 bar.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-30
How to Cite
Susilo, S., Herminingtyas, Y., & Rarindo, H. (2020). PENGARUH LUAS PERMUKAAN CYCLONE DAN PUTARAN MESIN TERHADAP PERFORMA ENGINE 1500 CC. Jurnal Teknologi, 14(1), 10-15. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/jurnal_teknologi/article/view/2273
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.