ANALISA SUHU DAN TEBAL LAYER TERHADAP SPESIMEN PLASTIK UJI PUKUL CHARPY DENGAN MENGGUNAKAN PRINTER 3D

TEMPERATURE AND THICK LAYER ANALYSIS OF PLASTIC SPECIFICATION OF CHARPY TEST TEST USING 3D PRINTER

  • Etik Puspitasari Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Wirawan Wirawan Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Syamsul Hadi Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
  • Hari Rarindo Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Malang
Keywords: Desain 3D, Energi, Plastik, Printer 3D, Spesimen uji pukul Charpy

Abstract

Spesimen uji pukul Charpy yang biasanya dari logam yang dicetak dengan melakukan pengecoran tidak bisa dibuat sempurna karena sudut-sudut takikannya kecil dan sangat susah dibuat. Untuk itu peneliti mencoba membuat spesimen dari plastik yang dihasilkan dari printer 3D yang mana takikan atau sudut-sudut pada spesimen uji pukul dapat dibuat dengan presisi menggunakan printer 3D.

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa spesimen plastik uji pukul dengan menggunakan metode Charpy dan spsesimen plastik yang diuji dihasilkan dari printer 3D yang mana variable yang diteliti adalah suhu dan tebal layer kelipatan 0,05 mm.

 Analisa pola spesimen plastik uji pukul dengan menggunakan printer 3D adalah Dari hasil uji pukul charpy pada spesimen plastik hasil printer 3D dengan layer 0,1 mm didapatkan EI=49,216 J dan HI=0,491 J/mm2, Untuk layer 0,15 dan 0,2 mm didapatkan EI=98,431 HI=0,981 J/mm2. Maka semakin tebal layer yang dibuat pada spesimen uji pukul dengan menggunakan printer 3D semakin meningkat pula energi pukulnya yang berarti kekuatan bahan meningkat dan boleh jadi lebih tebal layer yang dibuat maka lebih kuat atau energi pukulnya lebih besar. Hal ini sama dengan konsep berpikir dengan pasta semen, jika kita menumpuk pasta semen tipis-tipis dan menumpuk pasta semen tebal-tebal maka kekuatannya lebih kuat yang langsung tebal. begitu pula dengan lembaran plat dengan plat utuh maka energi yang dibutuhkan untuk memukul lebih kuat yang plat utuh dan kekuatannya lebih kuat yang plat utuh.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-30
How to Cite
Puspitasari, E., Wirawan, W., Hadi, S., & Rarindo, H. (2020). ANALISA SUHU DAN TEBAL LAYER TERHADAP SPESIMEN PLASTIK UJI PUKUL CHARPY DENGAN MENGGUNAKAN PRINTER 3D. Jurnal Teknologi, 14(1), 25-29. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/jurnal_teknologi/article/view/2275
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.