PERANCANGAN KORIDOR TEDIS - KETAPANG SATU KOTA KUPANG (Studi T.A.Perancangan Universal Design Fasilitas Koridor Suatu Konsep)

TEDIS CORRIDOR DESIGN - KETAPANG SATU KUPANG CITY (Study of T.A. Design of Corridor Facilities Universal Design A Concept)

  • Dyah Ayusa Cendana Program Studi Teknik Arsitektur Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Suliha N.I Neonofa Program Studi Teknik Arsitektur Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Aplimon Jerobisonif Program Studi Teknik Arsitektur Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Ariency Kale Ada Manu Program Studi Teknik Arsitektur Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
Keywords: Perancangan Koridor Tedis-Ketapang satu Kupang

Abstract

Zona pejalan kaki dalam suatu bentuk koridor yang dirancang dengan baik bukan hanya merupakan indikator sebuah kota yang baik, akan tetapi juga merupakan salah satu bentuk kekuatan daya tarik sebuah pusat kota. Sebagai pusat kota Kupang kawasan Tedies Ketapang satu kota Kupang memiliki beberapa ruang yang berorientasi  pada pejalan kaki. Salah satunya  adalah jalur pejalan kaki yang berada di koridor kawasan Tedies dan jalan Siliwangi kota Kupang. Perancangan tidak  hanya berfokus  pada desian ruang  yang dapat dipergunakan  oleh semua orang, akan tetapi juga membawa  orang kembali ke kehidupan sosial, mengintegrasikan kembali  ke dalam masyarakat dengan lingkungan yang lebih aman dan bebas hambatan. Prinsip-prinsip perancangan yang diterapkan dalam setiap perancangan untuk berkelanjutan (sustainability) serta menciptakan masa depan yang lebih hijau, lebih baik dan lebih layak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang koridor kawasan Tedis-ketapang satu kota Kupang dengan pendekatan universal desain. Dimana prinsip-prinsip  desain/perancangan universal desain yang diintegrasikan  dengan pedoman perencanaan, penyediaan dan pemanfaatan prasarana dan sarana jaringan pejalan kaki di kawasan Tedies-Ketapang satu di kota Kupang.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-30
How to Cite
Cendana, D., Neonofa, S., Jerobisonif, A., & Manu, A. (2020). PERANCANGAN KORIDOR TEDIS - KETAPANG SATU KOTA KUPANG (Studi T.A.Perancangan Universal Design Fasilitas Koridor Suatu Konsep). Jurnal Teknologi, 14(1), 43-54. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/jurnal_teknologi/article/view/2278
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.