PENENTUAN LAJU PENGENDAPAN PARTIKEL DI KOLAM PENAMPUNGAN AIR HASIL PENCUCIAN BIJIH MANGAN

DETERMINATION OF PARTICLE DEPOSITION RATE IN WATER SEPARATION OUTCOMES OF MANGANESE OIL WASHING

  • Yusuf Rumbino Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Kezia Abigael Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana
Keywords: sedimentasi, slurry, free settling, laju pengendapan

Abstract

Sedimentasi adalah operasional pemisahan padatan dari larutannya menggunakan gaya gravitasi. Proses sedimentasi seringkali digunakan dalam proses-proses industrial untuk menjernihkan air limbah, dalam proses pengendapan partikel dalam pembuatan makanan, pengendapan kristal dari larutan induk, pengendapan bubur kertas atau pulp pada industry pembuatan kertas dan sebagainya. Kecepatan sedimentasi didefinisikan sebagai laju pengurangan atau penurunan ketinggian daerah batas slurry (cairan lumpur) dengan supernatant (liquid jernih) pada suhu seragam untuk mencegah pergeserean fluida karena konveksi (Foust A.S, 1980) Pada keadaan awal, konsentrasi slurry adalah seragam di seluruh bagian tabung. Keadaan ini disebut free settling, dimana padatan bergerak turun hanya karena gaya gravitasi. Kecepatan yang konstan ini disebabkan oleh konsentrasi di lapisan batas yang relatif masih kecil, sehingga pengaruh gaya tarik-menarik antar partikel, gaya gesek dan gaya tumbukan antar partikel dapat diabaikan. Laju pengendapan partikel padat dalam zat cair dapat dibagi beberapa factor yaitu berat jenis dan partikel, bentuk dan ukuran partikel, viskositas air, aliran dalam bak pengendap. Dalam penelitian bertujuan untuk menghitung laju pengendapan lumpur pada RS Besar dalam 1 shift (7 jam kerja). Hasil penentuan laju pengendapan nantinya dapat dimanfaatkan untuk menentukan banyaknya padatan sedimen sehingga dapat ditentukan waktu pengerukan lumpur pada kolam RS Besar dan untuk menentukan waktu penambahan air tangka. Prosedur dari percobaan yang akan dilakukan adalah pertama mengambil sampel slurry) dari hasil pencucian yang ada di kolam pengendapan RS Besar dan mengukur volume slurry dengan gelas ukur yang berdiameter 9,5 cm dengan ukuran 500 ml.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-30
How to Cite
Rumbino, Y., & Abigael, K. (2020). PENENTUAN LAJU PENGENDAPAN PARTIKEL DI KOLAM PENAMPUNGAN AIR HASIL PENCUCIAN BIJIH MANGAN. Jurnal Teknologi, 14(1), 55-59. Retrieved from http://ejurnal.undana.ac.id/jurnal_teknologi/article/view/2279
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.