KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI (PSYCHOLOGICAL WELLBEING) DITINJAU DARI TEKNIK DESAIN ARSITEKTUR RUANG

PSYCHOLOGICAL WELLBEING ASSESSED FROM SPATIAL ARCHITECTURE DESIGN TECHNIQUES

  • Dian Bagus Mitreka Satata(1*)
    Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dyah Ayusa Cendana(2)
    Program Studi Teknik Arsitektur Fakultas Sain dan Teknik Universitas Nusa Cendana
  • Harijono Harijono(3)
    Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: interior arsitektur, tata ruang, kesejahteraan psikologi

Abstract

Hunian merupakan lingkungan tempat tinggal bagi individu untuk berlindung dan melangsungkan kehidupan. Lingkungan tempat tinggal dapat mempengaruhi dan membentuk kepribadian manusia secara kognitif, fisiologi dan psikologi. Pada aspek psikologis kesehatan mental dipengaruhi oleh lingkungan dengan desain ruangan yang kondusif dan memuaskan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan psikologis ditinjau dari teknik desain arsitektur ruang. Metode yang digunakan adalah desk research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berasal dari berbagai kajian literatur terdiri dari publikasi ilmiah serta hasil penelitian sebelumnya dengan melakukan pencarian pada situs pencari Google search engine dan Emerald Publishing dari jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa teknik desain arsitektur ruang memiliki pengaruh terhadap kondisi kesehatan mental sehingga berdampak pada kesejahteraan psikologis dan kesehatan fisik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-11-30
How to Cite
Satata, D., Cendana, D., & Harijono, H. (2020). KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI (PSYCHOLOGICAL WELLBEING) DITINJAU DARI TEKNIK DESAIN ARSITEKTUR RUANG. Jurnal Teknologi, 14(2), 16-21. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/3245
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.