PENGARUH CAMPURAN BIOADITIF MINYAK KESAMBI DENGAN PERTADEX TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOTOR DIESEL

THE EFFECT OF BIOADITIVE MIXING OIL AND PERTADEX OIL ON CONSUMPTION OF FUEL ON DIESEL MOTOR

  • Ahmad Halimi(1*)
    Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Otomotif Elektronik Politeknik Negeri Malang
  • Hari Rarindo(2)
    Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Otomotif Elektronik Politeknik Negeri Malang
  • Fatkhur Rohman(3)
    Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Otomotif Elektronik Politeknik Negeri Malang
  • Sudarmadji Sudarmadji(4)
    Jurusan Teknik Mesin, Program Studi Teknik Otomotif Elektronik Politeknik Negeri Malang
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Bioaditif, Minyak Kesambi, Pertamina Dex, Konsumsi Bahan Bakar

Abstract

Semakin berkembangnya zaman produksi transportasi pun juga semakin meningkat seiring dengan permintaan kebutuhan transportasi masyarakat, maka penggunaan bahan bakar fosil juga semakin meningkat. Namun, disisi lain ketersediaan bahan bakar fosil sangat terbatas. Maka perlu diadakan solusi untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan ketersediaan bahan bakar. Salah satunya adalah dengan penggunaan bioaditif. Bioaditif digunakan untuk campuran bahan bakar yang berbahan baku tumbuhan tanpa adanya campuran bahan kimia lain atau mineral oil. Pada penelitian kali ini, bioaditif yang digunakan yaitu dari minyak kesambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh campuran bioaditif dengan pertamina dex terhadap konsumsi bahan bakar. Pengujian dilakukan pada mesin diesel 402cc dengan menggunakan perbandingan B10, B20, B30 pada putaran mesin 1100rpm sampai dengan 2000rpm, pada variasi campuran bahan bakar dan bioaditif minyak kesambi. Hasil penelitian didapati bahwa penggunaan campuran bioaditif pada pertamina dex lebih lama habisnya dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar pertamina dex murni dan konsumsi bahan bakar yang terlihat naik signifikan yaitu pada variasi campuran bahan bakar B20 dan B30. Dengan ditambhakannya bioaditif terbukti dapat menghemat bahan bakar hingga 20%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2020-11-30
How to Cite
Halimi, A., Rarindo, H., Rohman, F., & Sudarmadji, S. (2020). PENGARUH CAMPURAN BIOADITIF MINYAK KESAMBI DENGAN PERTADEX TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA MOTOR DIESEL. Jurnal Teknologi, 14(2), 41-45. Retrieved from https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/jurnal_teknologi/article/view/3249
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.