PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 2 KUPANG

  • Yetursance Y. Manafe(1*)
    Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • Dewi Samantha Maro(2)
    Pendidikan Teknik Elektro, FKIP, Universitas Nusa Cendana
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Model pembelajaran Pair Check, Hasil belajar, Pre-test, Post-test

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Audio Video pada mata pelajaran simulasi digital dengan kompetensi dasar memahami presentasi video di SMK Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian ini yaitu Quasi-Experimental Design, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Noneequivalent Control Group Design, dimana pemilihan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Pengumpulan data yang dilakukan melalui test dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesi dengan analisis uji independent t-test dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari (1) Output pengujian dari kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh = 2.985 dan didapatkan nilai = 1.999 dengan df = 62 karena  >  (2.985 > 1.999) dengan nilai signifikan < 0.05 (0.004 < 0.05) maka Ho ditolak. Karena nilai signifikannya < 0.05 maka terdapat pengaruh terhadap penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2019-08-03