Perilaku Panic Buying dan Berita Hoaks Covid-19 di Kota Bandung

  • Cindy Sovhie Aprilia Adhirajasa Reswara Sanjaya
Keywords: Covid-19, Berita Hoaks, Media Sosial, Perilaku Panic Buying

Abstract

Fenomena CoronaVirus Disease atau Covid-19 yang mewabah ke seluruh dunia termasuk Indonesia menjadi isu besar yang menyita perhatian dan energi masyarakat dunia. Penyebarannya yang kian cepat menyebabkan peningkatan angka kasus yang terpapar di Indonesia di mana menyebar diseluruh wilayah di Indonesia termasuk Kota Bandung. Karena itu, pandemi Covid-19 ini member dampak yang luar biasa pada hamper semua aspek kehidupan manusia. Belum lagi ditambah dengan pemberitaan hoaks tentang pandemi Covid-19. Sebagai mana diketahui, pemberitaan hoaks yang beredar di masyarakat mengakibatkan munculnya keresahan, salah satunyayaitu panic buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan perilaku masyarakat akibat adanya berita hoaks tentang pandemi Covid-19 di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara guna mendapatkan informasi dari nara sumber. Hasil penelitian menemukan bahwa perilaku panic buying akibat adanya Covid-19 sangat mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat khususnya kepala keluarga. Umumnya kepala keluarga melakukan tindaka membeli bahan pangan dalam jumlah berlebih karena terpaan hoaks di media sosial khususnya instagram.

Published
2021-03-16
How to Cite
Aprilia, C. (2021). Perilaku Panic Buying dan Berita Hoaks Covid-19 di Kota Bandung. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(1), 11–26. https://doi.org/10.35508/jikom.v10i1.3600
Section
Articles