Admissibilitas dan Inadmissibilitas dari Estimator Klasik dan Invers

  • Christine Krisnandari Ekowati(1*)
    Pendidikan Matematika FKIP Undana
  • (*) Corresponding Author

Abstract

Dari data berpasangan (x1,y1), (x2,y2), … , (xn,yn) dimana xi tertentu atau terkontrol oleh pengamat, pengukuran xi akurat tetapi mahal biayanya atau dalam pengertian menghabiskan waktu, sedangkan yi kurang akurat tetapi lebih mudah diperoleh. Observasi yang akan datang yo dapat digunakan untuk mengestimasi xo yang tidak terobservasi, dapat diambil beberapa observasi, katakan ada k pada xo yang tidak terobservasi. Selanjutnya rumusan masalahnya adalah bagaimana menentukan admissibilitas serta inadmissibilitas dari estimator klasik dan invers.

Metode penulisan dalam karya ilmiah ini adalah studi pustaka dengan mensitesa beberapa konsep tentang regresi terapan, estimasi titik, admissibilitas dan inadmissibilitas suatu estimator, kalibrasi linear. Kesimpulan akhir yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Estimator klasik inadmussubilitas yang ditunjukan dengan jalan menentukan suatu estimator lain yaitu estimator dari jenis Shrinkage yang mendominasi estimator klasik, (2) Estimator invers admissibilitas yang ditentukan dengan jalan menunjukan bahwa estimator tersebut adalah mean posterior dari 0 untuk fungsi kerugian galat kuadrat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berger, J.O, Berliner, L.M & Zaman, A. (1982). General Admissibility Result for Estimation in a Control Problem. Ann. Statis. 10, 838-856.

Berliner, L.M (1993). Improving on Inadmissible Estimators in Control Problem. Ann. Statis. II, 814-826

Drapper,N.R, Smith.H. (1981). Analisis Regresi Terapan. PT. Gramedia Jakarta

Ekowati, Ch.K. (1998). Perbandingan Estimator Klasik dan Estimator Invers dalam Kalibrasi Linear Multi-Univariat. Thesis: UGM Yogyakarta Perss

Lehmann, E.L. (1983). Theory of Point Estimation. John Wiley & Sons,Inc.

Sen, A & Srivastava, M.S. (1990). Regression Analysis : Theory, Methods and Application. Springer-Verlag. New York.

PlumX Metrics

Published
2020-11-17
How to Cite
Ekowati, C. (2020). Admissibilitas dan Inadmissibilitas dari Estimator Klasik dan Invers. FRAKTAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1(1), 12-19. https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2510
Section
Articles