PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, DAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Kapanewon Gamping Yogyakarta)

  • Giarni Prisma Dewi(1*)
    Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Inna Zahara(2)
    Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • (*) Corresponding Author
Keywords: Entrepreneurial knowledge, accounting information systems, e-commerce, , interest in entrepreneurship, self-efficacy

Abstract

Wirausaha dapat mencerminkan tingkat kemajuan dan perkembangan negara. Lulusan perguruan tinggi di Indonesia yang diharapkan mampu berdampak besar untuk kemajuan negara justru sedikit yang berminat menjadi wirausaha. Sedangakan lulusan perguruan tinggi masih menyumbangkan pengangguran terdidik sebesar 4,8% untuk tingkat universitas dan 4,59% untuk diploma. Sebagain besar lulusan perguruan tinggi lebih berminat menjadi pencari kerja dibandingkan menciptakan lapangan pekerjaan. Hasil jawaban mini survey terkait minat karir setelah lulus pada mahasiswa akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta menunjukkan lebih banyak yang berminat mencari pekerjaan daripada berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan, sistem informasi akuntansi dan e-commerce terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Selain itu juga untuk mengetahui dapatkah efikasi diri memoderasi pengetahuan kewirausahaan, sistem informasi akuntansi, dan e-commerce terhadap minat mahasiswa berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan kewirausahaan dan sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha, e-commerce berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa serta efikasi diri tidak dapat memoderasi pengetahuan kewirausahaan, sistem informasi akuntansi, dan e-commerce terhadap minat berwirausaha Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2025-03-26
How to Cite
Dewi, G., & Zahara, I. (2025). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, DAN E-COMMERCE TERHADAP MINAT MAHASISWA BERWIRAUSAHA DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Pada Mahasiswa Akuntansi Perguruan Tinggi Swasta di Kapanewon Gamping Yogyakarta). JURNAL AKUNTANSI : TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS, 13(1), 12-26. https://doi.org/10.35508/jak.v13i1.19268

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.