ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK FURNITURE DI SMK NEGERI 4 KUPANG
ANALYSIS OF LEARNING DIFFICULTY FACTORS FOR CLASS XII STUDENTS FURNITURE ENGINEERING DEPARTMENT IN STATE VOCATIONAL SCHOOL 4 KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). faktor internal yang dialami siswa dalam menghadapi kesulitan belajar, 2). faktor eksternal yang dihadapi siswa dalam menghadapi kesulitan belajar, 3). cara siswa dalam mengatasi kesulitan belajar teori dan praktek pada jurusan teknik furniture 4). cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada jurusan teknik furniture di SMK Negeri 4 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah subjek penelitian 15 orang yaitu siswa/siswi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan mendalam, dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Faktor internal kesehatan bukanlah hal yang menyebabkan siswa/siswi mengalami kesulitan belajar sedangkan faktor motivasi merupakan faktor yang menyebabkan siswa/siswi mengalami kesulitan belajar yang didapatkan kurangnya percaya diri dalam bidang akademis. 2). Faktor eksternal lingkungan sekolah, menunjukkan siswa/siswi mengalami kesulitan belajar yang disebabkan karena ketidaknyamanan dan ketidakteraturan tata letak ruang kelas serta kondisi ruangan yang panas. 3) Cara siswa dalam mengatasi kesulitan belajar dengan lebih fokus mendengarkan dan memahami setiap materi yang disampaikan, dan bertanya kepada teman yang sudah memahami materi atau langsung menanyakan kepada guru. 4) Cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa/siswi yaitu dengan memilah bakat dari masing-masing siswa untuk menggali setiap potensi yang ada pada diri mereka dan melakukan pendekatan personal yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa/siswi. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dari faktor internal terdapat faktor motivasi yang menyebabkan kesulitan belajar dan pada faktor eksternal terdapat faktor lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang menyebabkan kesulitan belajar siswa/siswi. Cara siswa dalam mengatasi kesulitan belajar dengan lebih fokus mendengarkan dan memahami setiap materi yang disampaikan serta cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa/siswi yaitu dengan memilah bakat dari masing-masing siswa.
Rizky Rinardy Kore(1*)