PENGARUH PENATAAN DAN PERILAKU PEDAGANG TERHADAP KENYAMANAN KONSUMEN DI PASAR BARU ATAMBUA KABUPATEN BELU
THE INFLUENCE OF TRADERS SETTINGS AND BEHAVIOR ON CONSUMER COMFORT IN THE NEW ATAMBUA MARKET BELU DISTRICT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi penataan dan perilaku pedagang terhadap kenyamanan konsumen di Pasar Baru Atambua Kabupaten Belu. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari Penataan (X1), Perilaku Pedagang (X2) dan Kenyamanan Konsumen (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pasar Baru Atambua, teknik sampel menggunakan Metode Rao Purba dengan sampel sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh melalui pembagian kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan nilai probabilitas F hitung sebesar 8,778>F tabel 3,090 dan nilai signifikansi variabel penataan dan perilaku pedagang sebesar 0,000<0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya penataan dan perilaku pedagang berpengaruh secara signifikan terhadap Kenyamanan Konsumen.
Jelita De Jesus Soares(1*)