PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NEGERI 8 KUPANG
THE INFLUENCE OF SCHOOL ENVIRONMENT ON STUDENTS' LEARNING ACHIEVEMENT AT STATE VOCATIONAL HIGH SCHOOL 8 KUPANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 8 Kupang. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 102 siswa. Teknik sampling dengan proporsional sampling, sedangkan penentuan jumlah sampel dengan formulasi Slovin, adapun jumlah sampel sebagai responden penelitian sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah didapatkan rata-rata skor empirik sebesar 25,10 dengan skor teoretik 35 atau 67,31% yang berarti rata-rata responden berada pada kelompok dengan kategori sangat buruk atau SBR, sedangkan variabel prestasi belajar siswa didapatkan rata-rata empirik sebesar 25,92 dengan skor teoretik 26 atau 50% yang berarti bahwa rata-rata prestasi belajar siswa berada pada kelompok dengan kategori sangat rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan sekolah tidak berperngaruh terhadap prestasi belajar siswa, sebagaimana perolehan nilai sig.=0,725 >0,05 (apha), yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sedangkan nilai Korelasi rSperman rank= 0,050 (sangat rendah/tidak ada korelasi).
Willybrodus Y. Dahar(1*)