MENGUKUR KESIAPAN MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA MENJADI GURU
MEASURING READINESS OF STUDENTS OF THE FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATION NUSA CENDANA UNIVERSITY TO BECOME A TEACHER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengalaman mengajar MBKM dan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa FKIK Undana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari Pengalaman mengajar MBKM (X1), Minat menjadi guru (X2) dan Kesiapan menjadi guru (Y). Data yang diperoleh melalui pembagian kuesioner dengan menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Undana yang sudah mengikuti program kampus mengajar angkatan 6 dan ditarik sampel sebanyak 80 mahasiswa dari semua prodi FKIP Undana. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengalaman mengajar MBKM dan Minat menjadi guru berpengaruh positif terhadap Kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa FKIP Undana.
Anjelinus Meriki Beni Hera(1*)